PENDIDIKAN KELUARGA PADA ANAK USIA 5-10 TAHUN DALAM PENGENALAN IBADAH SHALAT

Authors

  • Muhammad Sopiyana Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Septian Arief Budiman Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Rini Septiowati Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

Keywords:

Pendidikan Salat, Al-Thifl, Tamyiz, Pendidikan Keluarga, 5-10 Tahun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pendidikan salat yang digunakan keluarga guru dalam mendidik salat putra-putri mereka yang berada di Kelurahan Pamulang Timur Tangerang Selatan. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan masukan khasanah pendidikan Islam khususnya pendidikan salat dan dapat menyempurnakan metode pendidikan salat dalam pembelajaran salat di keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah keluarga guru yang mempunyai anak usia 5-10 tahun di Kelurahan Pamulang Timur Tangerang Selatan. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis diskriptif. Hasil penelitian bertujuan: 1).Mengetahui metode pendidikan salat dalam keluarga guru di Kelurahan Pamulang Timur Tangerang Selatan. 2)Mengetahui problem pelaksanaan metode pendidikan salat dalam keluarga guru di Kelurahan Pamulang Timur Tangerang Selatan. 3).Mengetahui usaha yang dilakukan orangtua dalam mengatasi problem pelaksanaan metode pendidikan salat dalam keluarga guru di Kelurahan Pamulang Timur Tangerang Selatan. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Bahwasannya metode yang dipakai oleh keluarga guru dalam mendidik salat putra-putri mereka menggunakan metode keteladanan, menegakkan disiplin, menghafal, mempraktekkan dan pembiasaan. Dari metode tersebut ada beberapa metode yang dominan dipakai oleh kerluarga guru untuk mendidik putra-putri mereka yaitu metode keteladanan dan pembiasaan karena dengan keteladanan anak bisa meniru gerakan dari orangtua mereka dan dengan pembiasaan mereka terbiasa untuk menjalankannya. 2). Adapun hambatan-hambatan yang dihadapi oleh para keluarga guru dalam menerapkan metode pendidikan salat meliputi beberapa faktor yaitu: acara televisi yang menyita banyak waktu, bermain dengan teman sebaya dan lingkungan sekitar yang suka mempengarui hal-hal yang buruk sehingga membuat anak melupakan kewajiban mereka yaitu salat. 3). Usaha yang dilakukan dalam mengatasi problematika metode pendidikan salat yang diterapkan pada putra-putri mereka yaitu dengan memberikan motivasi serta penjelasan tentang salat dan manfaat salat. Dari penjelasan tersebut orangtua bisa mengatasi hambatan-hambatan yang mereka peroleh ketika menerapkan metode pendidik salat.

References

Arif, Armai, 2002, Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta:Ciputat Pers.

Barokah Wulandari, 2007, Hubungan Antara Keaktifan Shalat Berjamaah Dengan Kedisiplinan Mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar Siswa Kelas XI di SMA Muhammadiyah Bantul, Yogyakarata: Fakultas Tarbiyah.

Basyir, Ahmad Azhar dan Fauzi Rahman, Keluarga Sakinah Keluarga Surgawi, Yogyakarta:Titian Ilahi Press, 1994.

Casmini, pola asuh orang tua dalam persepektif Islam, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah, 2003.

Fuadudin, 1999, Pengasuhan Anak Dalam Keluarga Islam, Lembaga Kajian Agama dan Jender.

Fuadudin, Pengasuhan Anak Dalam Keluarga Islam, kerjasama antara lembaga kajian agama dan gender, solidaritas perempuan dan the asian foundation, 1991.

Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1999.

Hery Nugroho, belajar shalat, http://sajdahiqra.com dalam www.google.com., (Yogyakarta: ide net).

Http://Id.Shvoong.Com/Exact-Sciences/2146728-Definisi-Dan-Pengertian-Demografi/.

http://www.g-excess.com/3974/pengertian-dan-arti-letak-geografis/.

Jalaludin, 2002, Psikologi Agama, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Jandra, M. struktur usulan penelitian proposal, makalah yang disampekan untuk pelatihan tenaga edukatif pada tanggal 11 agustus 2003.

Majid, Abdul. 2005, Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Miles, Matthew B. dan Michaer Huberman, 1992, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: penerbit UI.

Moleong, Lexy J., 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tafsir Ahmad, 2002, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya,.

Tafsir, Ahmad. 2002, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-01-16

How to Cite

Sopiyana, M., Budiman, S. A., & Septiowati, R. (2021). PENDIDIKAN KELUARGA PADA ANAK USIA 5-10 TAHUN DALAM PENGENALAN IBADAH SHALAT. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1319–1326. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/8422