PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS MELALUI BUKU CERITA
Keywords:
kosa kata, buku cerita, minat baca, kebiasaan membacaAbstract
Tulisan berjudul “Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Buku Cerita di TBM Kolong Ciputat“ bertujuan mendiskripsikan kegiatan yang dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Bentuk kegiatanya adalah berupa pelatihan tentang tehnik atau cara penguasaan kosa kata bahasa Inggris dengan menggunakan media buku cerita kepada siswa-siswa dilingkungan komunitas TBM Kolong Ciputat. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan minat baca anak sehingga meningkatkan kebiasaan membaca mereka. Penelitian ini berupa tindakan kelas dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Subjek dalam kegiatan ini adalah siswa siswi yang tergabung dalam Komunitas TBM Kolong Pasar Ciputat, yang berjumlah kurang lebih 40 orang siswa. Sedangkan output dari kegiatan ini untuk meningkatkan ketrampilan kosa kata bahasa Inggris siswa–siswi, sehingga akan mendorong dan meningkatkan kebiasaan membaca dan kemampuan bahasa asing dan sebagai modal dasar untuk belajar bahasa Inggris kejenjang yang lebih tinggi.
References
Burn, Roe and Ross. (1984). Interaction! Reading 4th Edition. New York: MC Graw-Hill.
Nurgiyantoro, Burhan. (2007). Teori Pengkajian Fiksi. Yogjakarta: Gajah Mada University Press.
Suwandi. (1990). Peran cerita dalam pembentukan perekembangan anak TK. Jakarta: Depdiknas
Tarigan, (2011). Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tampubolon. (1993). Kosa Kata Bahasa Inggris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.