PEMBERDAYAAN GURU BIOLOGI SE KABUPATEN BOGOR UNTUK MENINGKATKAN BUDAYA MENULIS ARTIKEL ILMIAH MELALUI BLANDED LEARNING

Authors

  • Suci Siti Lathifah Universitas Pakuan
  • Rifki Risma Munandar Universitas Pakuan
  • Boldson Herdianto Situmorang Universitas Pakuan
  • Desti Herawati Universitas Pakuan

Keywords:

Artikel Ilmiah, Blended Learning

Abstract

Salah satu bentuk dari pengembangan profesi guru adalah pengembangan kemampuan guru untuk membuat artikel ilmiah. Kemampuan ini dapat dilihat dengan mudah dari publikasi para guru yang dimuat dalam berbagai media, khususnya jurnal ilmiah. Penulisan artikel ilmiah semacam ini diyakini dapat meningkatkan kemampuan profesionalisme guru sekaligus memperbaiki kualitas pembelajaran yang disampaikannya. Beranjak dari kondisi tersebut, perlu untuk dilakukan pelatihan dan bimbingan bagi para guru untuk meningkatkan keterampilan menulis artikel ilmiah. Hanya saja proses Pelatihan yang dilakukan secara tatap muka tidak memungkinkan untuk dilakukan di masa pandemi ini. Maka pada kesempatan ini tim penelitian akan mengadakan kegiatan Pelatihan dan bimbingan Penulisan Artikel Ilmiah dengan blended learning bagi para guru, khususnya guru-guru Biologi se-Kabupaten Bogor dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah guru. Pelatihan dan bimbingan penulisan artikel ilmiah dengan blended learning ternyata dapat membantu peserta mengatasi permasalahan tersebut, hal ini dibuktikan dengan peningkatan pemahaman mengenai penulisan artikel ilmiah peserta sebelum dan setelah dilakukan pelatihan dan pembimbingan. Terdapat peningkatan pemahaman penulisan artikel ilmiah pada semua indikator. Tertinggi yaitu pemahaman mengenai membuat pendahuluan (76,67%), menyusun daftar pustaka (66,67%), menyusun pembahasan (55,56%), menentukan judul dan metode (50%) dan yang terendah yaitu menyusun kesimpulan (27,76%).

References

UU nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press

Anshari. (2010), Transformasi Pendididikan Islam, Jakarta: Gaung Persada Press.

Chairunnisa, Connie. (2016). Pemberdayaan Guru Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Di Sekolah Menengah Kejuruan. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 3 No. 2 J, hal 105-114

Suryana. (2005). Bahasa Indonesia untuk Penulisan Karya Ilmiah. Makalah disampaikan dalam kegiatan Pelatihan Penulisan Bahan Kuliah (buku Pengantar Kuliah), jurusan AP FIP, UNY, 16-20 Mei 2005

Kusumawardhany, P. A.(2018). Pengaruh Kapasitas Absorptif Dan Situs Jejaring Sosial Terhadap Kinerja Inovasi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Indonesia. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. Vol 11. No. 1. Hal 71-88.

Karnama, M,M. (2016). Analisis pengaruh pendidikan dan pelatihan (diklat)terhadap pengembangan karir pada sekolah staf dan Pimpinan polri di lembang bandung. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif. ISSN 2528-0597 Vol 1, No 2.

Sulaefi. (2017). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Terhadap Disiplin Kerja Dan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. Vol. 5, no.1. Hal 8-21.

Notoatmodjo, S.(2009). Manajemen dan Psikologi .Lembaga Penerbit FEUI, Jakarta.

Alhempi, R. R. dan Harianto, W.(2013). Pengaruh Pelatihan dan Pembinaan terhadap Pengembangan Usaha Kecil pada Program Kemitraan Bina Lingkungan. Media Riset Bisnis dan Manajemen. Volume 13, Nomor 1.

Irawati, R. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Pembinaan Terhadap Pengembangan Usaha Kecil. Jurnal JIBEKA Volume 12 No 1, 2018: 74 – 82

Hendriani, S dan. Nulhaqim, S,A.(2008). Pengaruh Pelatihan dan Pembinaan Dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Mitra Binaan PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia I Cabang Dumai. Jurnal Kependudukan Padjadjaran, Vol. 10, No. 2, Juli 2008 : 152 – 168

Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Ebo, A, K. (1995). Kiat Menembus Kolom dan Rubrik Media Massa. Yogyakarta: Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM.

Hartanto, A,A dan Purbo, O,W. (2002). Teknologi e-Learning Berbasis PHP dan MySQL. Jakarta. PT Gramedia.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung. CV Alfabeta

Chaeruman, U.A. (2011) Implementing Blended Learning: A Case Based Sharing Experience. diunduh dari http://www.teknologipendidikan.net/2011 /06/21/implementing-blended-learning-a-case-based-sharing-experience/ pada tanggal 28 Maret 2019.

Downloads

Published

2021-01-16

How to Cite

Lathifah, S. S., Munandar, R. R., Situmorang, B. H., & Herawati, D. (2021). PEMBERDAYAAN GURU BIOLOGI SE KABUPATEN BOGOR UNTUK MENINGKATKAN BUDAYA MENULIS ARTIKEL ILMIAH MELALUI BLANDED LEARNING. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1077–1088. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/8454