PENGARUH PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN TAS ANYAMAN PADA UMKM DI KOTA TANGERANG SELATAN
Keywords:
Produk, Promosi, Volume PenjualanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk dan promosi terhadap peningkatan volume penjualan tas anyaman pada UMKM di Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif yang bertujuan menguji pengaruh antar variabel, dan pengambilan data menggunakan survey. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa produk dan promosi secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap volume penjualan. Saran dalam penelitian ini adalah sebaiknya UMKM mengembangkan inovasi produk untuk meningkatkan volume penjualan serta evaluasi terhadap promosi penjualan agar dapat bersaing dengan kerajinan lainnya sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan volume penjualan.
References
Alma, Buchari. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan. Keenam, Alfabeta, Bandung.
Asri, Marwan. 1991. Marketing. Edisi Pertama. Penerbit UPP-AMP YKPN,Yogyakarta. BPS Kota Tangsel, 2015.
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta:Erlangga.
Kumaat, R.M. 2011. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Minyak Goreng Kemasan (Bermerek) di Kota Manado. Ase 2011:25-34.
Nugroho, Tri Wahyu Esthu .2007. Pengaruh Marketing Mix terhadap Volume Penjualan Pada PT. Kutai Timber Indonesia. Skripsi S1/Dept._of_Management/Part_3, http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/9842, Universitas Muhamadiyah Malang. Hal.35
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Bisnis. Bandung:CV. Alfabeta.
Swastha, Basu DH dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogykarta.
Tjipto, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran. Edisi ke 3. Yogyakarta: Andi.