PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA TENTANG PERCAKAPAN SEHARI-HARI DENGAN METODA COLLABORATIVE LEARNING DAN WILLINGNESS TO SPEAK (WTC)

Authors

  • Tutut Sumartini Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Ratmo Ratmo Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Markus Hino Yudistira Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Dafitri Andri Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang
  • Mukhoyyaroh Mukhoyyaroh Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang

Keywords:

Bahasa Inggris, teknologi modern, speaking, collaborative learning, willingness to speak

Abstract

Sebagai salah satu fungsi perguruan tinggi, kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Studi Sastra Inggris yang berjudul: Meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris siswa Madrasah Aliyah Nurul Quran dengan metoda Collaborative Learning dan Willingness To Communicate (WTC) dalam percakapan sehari-hari atau (Daily Expressions) dilakukan untuk membantu Yayasan Nurul Quran untuk meningkatkan kemampuan berhasa Inggris siswa pesantren dengan menggunakan teknologi modern. Collaborative Learning teori dari Smith and MacGregor, 1992 digunakan untuk menigkatkan motivasi belajar siswa pesantren dan teori Julius Khul tentang WTC (Willingness To Communicate) dapat meningkatkan minat belajar siswa untuk mau berkomunikasi dalam bahasa Inggris dalam sebuah kerjasama kelompok. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah qualtitative descriptive dengan melakukan wawancara kepada pengelola pesanten, siswa, dan pengajar bahasa Inggris, studi lapangan dan studi dokumen. Adanya kendala yang disebabkan oleh pandemi Covid 19, maka pelaksanaan pembelajaran kepada siswa dialihkan pada pembuatan video presentasi yang menarik untuk dapat ditayangkan apabila waktunya telah memungkinkan.

References

Celce&Murce.(Ed).2001.Teaching English as a Second or Foreign Language.Third Edition.USE.Henley&Heinley

Harmer, Jeremy.2007. How to Teach English. New Edition.Eidenburgh.Pearson Longman.

Hidayanto ahmad, 2013, Berpikir Sistem, Pola Berpikir Untuk Pemahaman Masalah yang Lebih Baik, Leutika Prio Jalaludin Rakhmat, 2001. Retorika Modern Pendekatan Praktis. Bnadung: PT Remaja Rosdakarya

Khayyirah, Balqis. 2013. Cara Pintar Berbicara Cerdas di Depan Publik. Yogyakarta: Diva Press

Rahman Hakim, 2004. Teknik, Pedoman dan Seni Berpidato. Surabaya: Indah

Richards,Jack. 2001. Curuculum Development in Languange Teaching.USA: Cambridge University Press

Sulistyowati, Titis. Communication Strategies in The Conversations Between Indonesian University Students and A Native Speaker. Journal for Languange and Foreign Language Learning. 1 (1):71

Siregar, Evendhy. 1990. Teknik Berpidato dan Menguasai Massa. Jakarta: Yayasan Mari Belajar.

Sulistyowati, Titis. Communication Strategies In The Conversations Between Indonesian University Students And A Native Speaker. Journal for Language and Foreign Language Learning. 1(1) : 71.

Sepahvand,H. 2014. The effect of oral reproduction of short stories on speaking skill in iranian high school students (Case study : Khorram abad, iran) international journal of science and research (IJSR), 3 (7), 1847-1851

Tarigan. 1983. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2021-01-16

How to Cite

Sumartini, T., Ratmo, R., Yudistira, M. H., Andri, D., & Mukhoyyaroh, M. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA TENTANG PERCAKAPAN SEHARI-HARI DENGAN METODA COLLABORATIVE LEARNING DAN WILLINGNESS TO SPEAK (WTC). PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1425–1438. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/8508