PENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI PELESTARIAN LINGKUNGAN MARITIM MELALUI APRESIASI PUISI BERBASIS BERPIKIR ARAS TINGGI SEBAGAI BAHAN AJAR DARING

Authors

  • Indrani Dewi Anggraini Fakultas Sastra Inggris, Universitas Pamulang
  • Geni Kurniati Fakultas Sastra Inggris, Universitas Pamulang
  • Hilma Safitri Fakultas Sastra Inggris, Universitas Pamulang
  • Ni Komang Ariani Fakultas Sastra Inggris, Universitas Pamulang
  • Wiwit Sariasih Fakultas Sastra Inggris, Universitas Pamulang

Keywords:

HOTs, Lingkungan Kelautan, Literasi, Materi Ajar Dalam Jaringan, Puisi

Abstract

Makalah ini adalah laporan dari dua kegiatan pengabdian kepada masyarakat tentang peningkatan literasi siswa kelas 8 atau 2 SMP sebagai kegiatan extrakurikuler di Jampang English Village (JEV) di Tangerang Selatan - Banten. Kegiatan pertama mengacu pada proses pembuatan desain pembelajaran daring untuk kegiatan literasi, sementara yang kedua berkaitan dengan strategi pengajaran yang diusulkan dalam mengimplementasikannya melalui daring. Materi daring dirancang untuk kegiatan peningkatan literasi yang dilaksanakan melalui apresiasi puisi bahasa Inggris sekalligus untuk mengembangkan kesadaran siswa tentang pentingnya menghargai hewan maritime, burung Camar, sebagai salah satu pemeliharaan lingkungan. Kegiatan pengajaran yang diusulkan meliputi membaca puisi, penerjemahan, diskusi tentang degradasi laut, fungsi burung Camar. Pada hakikatnya aktivitas reproduksi karya sastra menguatkan ketrampilan berfikit aras tinggi.

References

Bruner, J. S. (1983). “The Acquisition pf pragmatic commitmentsâ€. In R. Golinkoff, (Ed), The Transition from Prelinguistic to Linguistic Communication (pp.27 – 42). Hillsdale, NJ: Lowrence Erbaum Associates.

Chandio, Muhammad (2017). “Article Bloom's Taxonomy: Improving Assessment and Teaching-Learning Process†in Journal of Education.

Coombs,Kate (2012). Water Sings Blue; Ocean Poems. San Fransisco. Chronicle Books.

Dahiya,S (2016).“An eLearning System for Agricultural Education†in Indian Research Journal of Extension Education, 12(3), pp.132-135.

Gonen, Safive Ipek Kuru (2016)†Implementing Poetry in Language in Language Class: A Poetry-Teaching Framework for Prospective English Language Teachers†in Advances in Language and Literary Studies Vol 9, Issue 5.

McKenna & Miller (2016). World Literacy: How Countries Rank and Why it Matters, London, Routledge.

GLN. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/

Marine Insight, https://www.marineinsight.com/environment/11-threats-to-marine-environment-you-must-know/

Piaget, J (1969). Science of Education of the Child. New York : Orion

Thimoty, Wibowo. Pendidikan Kararakter bagi masa depan anak, http://www.pendidikankarakter.com/kekuatan-karakter-bagi-masa-depan-anak/

Downloads

Published

2021-01-16

How to Cite

Anggraini, I. D., Kurniati, G., Safitri, H., Ariani, N. K., & Sariasih, W. (2021). PENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI PELESTARIAN LINGKUNGAN MARITIM MELALUI APRESIASI PUISI BERBASIS BERPIKIR ARAS TINGGI SEBAGAI BAHAN AJAR DARING. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1447–1458. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/8510