PENDEKATAN SOSIOKOGNITIF MELALUI STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DI JAMPANG ENGLISH VILLAGE (JEV), ZONA MADINA, PARUNG BOGOR

Authors

  • Eka Margianti Sagimin Fakultas Sastra, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Annas Surdyanto Fakultas Sastra, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Prihatin Puji Astuti Fakultas Sastra, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Ria Antika Fakultas Sastra, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Agung Arafat Saputra Fakultas Sastra, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

Keywords:

Sociocognitive, Storytelling, Puppet

Abstract

Kemampuan membaca Bahasa Inggris di era teknologi seperti sekarang ini merupakan kemampuan yang sangat utama yang harus dimiliki terutama ditahap pendidikan dasar dan menengah. Metode atau teknik yang menarik dan menyenangkan sangatlah dibutuhkan untuk menumbuhkan minat membaca peserta didik usia dasar dan menengah tersebut. Salah satunya adalah dengan pendekatan sosiokognitif melalui story telling menggunakan puppet. Pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini dilakukan untuk menemukan cara dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik di Jampang English Village. Selain itu, PKM ini ditujukan untuk mengetahui penerapan pendekatan sosiokognitif agar mengenalkan dan melatih peserta didik untuk mempunyai pemahaman membaca serta menerapkan nilai-nilai yang berharga untuk kehidupan sehari hari. Sasaran program kegiatan ini adalah anak-anak usia TK, SD, dan SMP. Dalam pelaksanaanya, PKM ini dilakukan melalui beberapa tahapan. Pertama, beberapa dosen dan mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Universitas Pamulang melakukan persiapan materi kegiatan yang kemudian direkam dalam bentuk audio-visual. Kedua, dalam praktik pelaksanaanya, para dosen Sastra Inggris Universitas Pamulang memberi pengarahan kepada staff pengajar JEV untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan dan membagi peserta didik menjadi empat kelompok, yaitu Kelompok 1 (siswa Paud dan TK), Kelompok 2 (siswa SD kelas 1, 2, dan 3), Kelompok 3 (siswa SD kelas 4 dan 5), dan Kelompok 4 (siswa SD kelas 6 dan SMP). Ketiga, tim dosen memberikan penyuluhan serta memandu staff pengajar JEV untuk membuat kegiatan-kegiatan positif sejenis, yaitu dengan memodifikasi cerita anak dengan pendekatan sosiokognitif dengan menggunakan alat-alat pendukung di sekitar mereka. Para peserta didik binaan Jampang English Village sangat antusias mengikuti pembelajaran dengan pendekatan sosiokognitif melalui storry telling menggunakan puppet. Dengan pendekatan ini, suasana belajar menjadi sangat menarik dan menyenangkan. Para peserta didik juga dapat memiliki pembendaharaan kosakata baru melalui cerita yang mereka nikmati. Selain itu, dalam aplikasi sosiokognitif, peserta didik dapat mengambil pesan dan perilaku positif dari dua cerita yang disajikan.

References

Asfandiyar, Yudha Andi. 2007. Cara Pintar Mendongeng. Jakarta: Mizan.

Atkinson, D. (2002). Toward a sociocognitive approach to second language acquisition. Modern Language Journal, 86, 525-545.

Atkinson, D. (2010). Extended, embodied cognition and second language acquisition. Applied Linguistics, 31, 599-622.

Atkinson, D., Churchill, E., Nishino, T., & Okada, H. (2007). Alignment and interaction in a sociocognitive approach to second language acquisition. Modern Language Journal, 91, 169-188.

Barenstain, Stan & Jan. 1985. The Berenstain Bears Forget Their Manners. USA: Random house.

Boltman, Angela. 2001. Children’s Storytelling Technologies: Differences in Elaboration and Recall.

Hans Wilhelm, Hans.1988. Tyrone The horrible. Hans Wilhelm Inc.

Nishino, T. & Atkinson, D. (2015). Second language writing and sociocognitve alignment. Journal of Second Language Writing, 27, 37-54.

Sugiharto, S. (2016). Comprehensible input as sociocognitive alignment: A response to Cho and Krashen (2016). Turkish Online Journal of English Language Teaching, 1, 101-104.

Lauder, A. (2008). The Status and Function of English in Indonesia: A review of key factors. Makara, Sosial Humaniora. Vol. 12, no. 1, July 2008: 9-20.

Mal, Kak (2012) A book review: The miracle of story telling. Penerbit: Zikrul.

Oliver, Serrat. 2008. Storytelling. USA: Reed Elsevier.

https://khanzamandasaritjappe.wordpress.com/2016/04/07/a-book-review-the-miracle-of-story-telling-mencerdaskan-anak-dengan-dongeng-dan-cerita/

Downloads

Published

2021-01-16

How to Cite

Sagimin, E. M., Surdyanto, A., Astuti, P. P., Antika, R., & Saputra, A. A. (2021). PENDEKATAN SOSIOKOGNITIF MELALUI STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DI JAMPANG ENGLISH VILLAGE (JEV), ZONA MADINA, PARUNG BOGOR. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1465–1472. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/8540