KONTRIBUSI KINERJA DOSEN BAGI AKREDITASI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Hadyati Harras Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Wahyudi Wahyudi Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

Keywords:

Kinerja, Akreditasi, Dosen

Abstract

Sejak 2018, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi telah menetapkan penilaian berbasis Output-Outcome. Situasi ini dihadirkan sebagai salah satu bentuk menjawab tantangan globalisasi. Artinya, perguruan tinggi wajib menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi pada hasil nyata melalui sumber daya manusia yang berkualitas (Competent & Integrity). Oleh karena itu, tindakan nyata yang bisa dilakukan oleh kementerian adalah memberikan penilaian akreditasi. Dengan ini diharapkan perguruan tinggi bisa berbenah diri, tidak hanya sekedar memberikan pendidikan dan mendapatkan manfaat. Lebih dari itu, perguruan tinggi bertanggung jawab secara moral, dalam mencerdaskan dan memajukan kehidupan bangsa. Metode deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Hal ini dimaksudkan agar hasil penelitian berbicara secara nyata tentang situasi yang terjadi, sehingga diperoleh tindakan yang relevan dalam mengatasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi kinerja dosen tergolong rendah. Fakta ini menjelaskan apa yang sedang dilakukan oleh lembaga tersebut, masih jauh dari harapan.

References

Anggraeni, F. N. (2020). DETERMINAN MOTIVASI INTERNAL TERHADAP KINERJA. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(2), 161-170.

Anggraeni, F. N. (2020). SURVEY MOTIVASI KERJA DRIVER OJEK ONLINE GRAB. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Anggraeni, R. D. (2014). Increasing lecturer competence as the quality assurance of lecturer performance. Management Studies, 2(5), 309-329.

Hasmi, N. B. (2020). DETERMINAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 241-250.

Lucky, E. O. I., & Yusoff, N. B. M. (2015). Evidence on teaching qualifications, characteristics, competence and lecturer performance in higher institutions in Nigeria. International Journal of Management in Education, 9(2), 129-150.

Mathodah, S. (2018). Teachers Performance Analysis Of Vocation High School In Banten Province. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 1(2), 181-190.

Runi, I., Ramli, M., Nujum, S., & Kalla, R. (2017). Influence Leadership, Motivation, Competence, Commitment To Satisfaction And Performance Lecturer At Private Higher Education Kopertis Region IX In South Sulawesi Province. Journal of Business and Management (IOSRJBM), 19(7), 56-67.

Tone, K., Gani, M. U., Nujum, S., & Latif, B. (2015). The impact of the antecedent variables on lecturer'performance as mediated by work motivation. International Journal of Humanities and Social Science Invention, 4(10), 54-62.

Downloads

Published

2021-01-16

How to Cite

Harras, H., & Wahyudi, W. (2021). KONTRIBUSI KINERJA DOSEN BAGI AKREDITASI PERGURUAN TINGGI. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1473–1480. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/8541