SAAT PANDEMI COVID-19: PENJUALAN DAN PEMBUKUAN SECARA DARING DENGAN PENINGKATAN APLIKASI/KONTEN ONLINE

Authors

  • Nur Asmilia Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Siti Hanah Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Listya Sugiyarti Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

Keywords:

Pandemi Covid-19, Penjualan, Pembukuan Daring, Peningkatan Aplikasi Online

Abstract

Tujuan Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini untuk mengindentifikasi Peran Penjualan dan pembukuan secara Daring dengan peningkatan aplikasi/konten online saat Pandemi Covid -19 untuk komite orang tua murid atau guru yang memiliki usaha rumahan dan konten online, dan anak mereka bersekolah di Little Bee House (LBH) Pamulang. Pengabdian kepada Masyarkat ini dilakukan secara daring baik untuk survey, indentifikasi permasalahan secara tatap muka via online, couching,counselling, mentoring dan paparan dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara, kajian buku, majalah, web, site, grup diskusi dan dokumentasi. Yaitu menggunakan analisis secara mendalam dan komprehensif mengenai objek penelitian, dumulai dengan memaparkan indentifikasi nilai yang ditunjuk dengan pengamatan secara cermat , sehingga ditemukan titik permasalahan dan pencerahan solusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orangtua murid/guru little bee mempunyai potensial di Era Pandemi covid-19 ini untuk dapat melakukan penjualan dan pembukuan secara daring dengan peningkatan aplikasi/konten online baik untuk internal sesama wali murid atau guru dan external melakukan penjualan keluar sekolah. Terpenting selalu mau melakukan dan selalu cari tahu perkembang potensial penjualan yang dibutuhkan masyarakat saat ini, sharing secaracontinue di internal dan action. Jika organisasi ini bersatu membentuk sebuah usaha dan saling mendukung, secara pasti perlahan akan tumbuh menjadi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dapat diperhitungkan di area Pamulang.Namun ditemukan saat ini mereka membutuhkan mentor yang dapat menyatukan dan membawa penjulan dan pembukuan mereka agar lebih efesien dan efektif menggunakan Daring atau era digitalisasi ,dan moment ini tepat sekali tim akademis universitas Pamulang melakukan penelitiannya.

References

Cangara, Hafied. 2014. Perencanaan & Strategi Ilmu Komunikasi, edisi Revisi. Jakarta: Rajagrafindo.

Drury, Glen. (2008). Social Media: “Should Marketers Engage and How Can it be Done Effectivelyâ€.

Kovach, Bill. Tom. Rosenstiel. 2006. Sembilan Elemen Jurnalisme. Jakarta : Yayasan Pantau.

Rizal, A. S., Sugiyarti, L., Atmaja, S. N. C. W., Oktavianna, R., & Benarda, B. (2019). Application of Social Media Marketing with Facebook Ads in the Water Gate Fish Cultivator Group in Jampang Village [Penerapan Social Media Marketing Dengan Facebook Ads Pada Kelompok Pembudidaya Ikan Pintu Air Desa Jampang]. Proceeding of Community Development, 2, 825-830.

Stelzner, A. Michael. (2013). 2013 Social Media Marketing Industry Reports: How Marketeers are Using Social Media to Grow Their Businesess. Social Media Examiner.

Undang-Undang Dasar Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Pasal 1 Ayat 1.

Undang-Undang Dasar Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial Pasal 1 Ayat 1.

https://softwareaccurate.id/aplikasi-akuntansi-pembukuan-keuangan-gratis.

Downloads

Published

2021-01-16

How to Cite

Asmilia, N., Hanah, S., & Sugiyarti, L. (2021). SAAT PANDEMI COVID-19: PENJUALAN DAN PEMBUKUAN SECARA DARING DENGAN PENINGKATAN APLIKASI/KONTEN ONLINE. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1527–1536. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/8554