PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA GURU DI SMK INFORMATIKA CIPUTAT, TANGERANG SELATAN

Authors

  • Harjoyo Harjoyo Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Siti Zubaidah Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Waluyo Waluyo Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

Keywords:

kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, kinerja guru

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual terhadap kinerja guru, mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja guru dan mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kinerja guru dan mengetahui kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara simultan terhadap kinerja guru. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian yang digunakan menggunakan metode deskriftif korelasional yang bersifat meneliti hubungan antara variabel-variabel yang diteliti, sehingga akan diketahui seberapa besar pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi sebesar 0,837. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan variabel kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual menjelaskan pengaruhnya terhadap variabel kinerja guru pada SMK Informatika Ciputat, Tangerang Selatan adalah sebesar 83,7%. Sedangkan sisanya 16,3% merupakan pengaruh dari variabel bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, nilai F hitung sebesar 212,744, sedangkan nilai F tabel sebesar 2,96 pada tingkat kepercayaan 95% atau α = 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa nilai hasil penelitian menolak Ho dan menerima Ha. Dengan demikian secara serempak kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru pada SMK Informatika Ciputat, Tangerang Selatan dan persamaan Y =25,945+0,091X1 + 0,384X2 + 0,478X3 artinya pada persamaan tersebut dapat dilihat bahwa kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual memiliki kemampuan untuk mempengaruhi kinerja guru pada SMK Informatika Ciputat, Tangerang Selatan.

References

Agustian, A. G. 2005. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan spiritual (ESQ: Emotional Spritual Quotient Berdasarkan 6 Ruk Iman dan 5 Rukun Iman). Jakarta: Arga.

Azwar S. 2013. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas.

Fahmi, Irham. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Hafsah. 2013. Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Pembelajaran Komputerisasi Akuntansi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi UMSU Medan. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, Vol. 13 , No. 2 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. September 2013.

Hasibuan, Malayu. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nurdin, Muhamad. 2010. Kiat Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta : Prismasophie.

Nur Said, Akhdan, Diana Rahmawati. 2018. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Nominal Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta, VI (I), p. 21-32. Availabel at https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal/article/view/19357.

Simanjorang, Eviyanti. 2012. Pengaruh Enzim Papain dengan Konsentrasi yang Berbeda terhadap Karakteristik Kimia Kecap Tutut. Jurnal Perikanan dan Kelautan, 3(4),p.209-220.

Sujarweni, Wiratna. 2012. StatistikaUntuk Penelitian. Yogyakarta: Graha ilmu.

Sunyoto, Danang. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cet. 1. Yogyakarta: . CAPS (Center For Academic Publising Service).

Wiyono, Wimbo. 2012. Pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Jurnal WIGA .Vol. 2, No. 2.

Http://repository.upi.edu/17993/1/S_MBB_1001667_Chapter3.pdf diakses tanggal 10 Maret 2020

Downloads

Published

2021-01-16

How to Cite

Harjoyo, H., Zubaidah, S., & Waluyo, W. (2021). PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA GURU DI SMK INFORMATIKA CIPUTAT, TANGERANG SELATAN. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 579–588. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/9037