PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN ORANG TUA DALAM MEMILIH SEKOLAH DASAR (SDIT) PERMATA GEMILANG

Authors

  • Afridayani Afridayani Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Syamsul Mu’arif Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

Keywords:

Sekolah, Bauran pemasaran, keputusan pembelian

Abstract

Sekolah merupakan lembaga pendidikan nirlaba yang bergerak dalam bidang jasa pendidikan. Selain itu kompetisi antar sekolah pun semakin ketat. Maka dalam hal ini penyelenggara pendidikan dituntut untuk kreatif dalam menggali keunikan dan keunggulan  sekolahnya agar dibutuhkan dan diminati oleh pelanggan jasa pendidikan. Munculnya sekolah bertaraf internasional serta lahirnya sekolah negeri dan swasta yang menawarkan keunggulan fasilitas, bahkan dengan biaya yang terjangkau, dapat menambah maraknya kompetisi pendidikan. Aktivitas pemasaran jasa pendidikan yang dahulu dianggap tabu karena berbau bisnis dan cenderung berorientasi pada laba, sekarang ini sudah dilakukan secara terbuka. Karena jasa pendidikan memegang peran penting untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas  sumber  daya manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bauran pemasaran jasa terhadap keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang/kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif yang dinyatakan dengan angka  dan perhitungannya menggunakan metode statistik yang dibantu dengan program SPSS 2.4.  Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil, penelitian secara parsial   Product, People, Physical Evidence   berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Product , Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence  secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

References

Abuddin Nata. 1997. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu

Adi, Rianto. 2004. Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum. Jakarta: Granit

Djohar, As’ari. 2009. Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.Dalam Ali, M., Ibrahim, R., Sukmadinata, N.S, Sudjana, D., dan Rasjidin, W (Penyunting).Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagain IV Pendidikan Lintas Bidang. Bandung: PT Imperial Bhakti Utama (Halaman 372-387)

Harmuni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani

Kaelan. 2005. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat. Yogyakarta: Paradigma.

Kemdikbud.2015. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2015 Peminatan SMK. Jakarta: Badan Pengembanagan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Miles, B Matthew & A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data kualitatif ( Terjemahan Teecep Rohendi). Jakarta: UI Press

Moleong, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito

Rachman, Maman, dkk. 2004. Filsafat Ilmu. Semarang: UPT Percetakan dan Penerbitan UNNES Press

Suyahmo. 2008. Logika. Bahan Ajar Kuliah Logika Prodi PPKn FIS UNNES

Suyanto, Bagong dan Sutinah.2005. Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.

Viethzal Rivai Zaenal, dkk. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya

UU No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen

UU No 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Downloads

Published

2021-01-16

How to Cite

Afridayani, A., & Mu’arif, S. (2021). PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN ORANG TUA DALAM MEMILIH SEKOLAH DASAR (SDIT) PERMATA GEMILANG. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 599–606. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/9040