PENYULUHAN TEKNIK PEMASARAN KERUPUK RASA JENGKOL “DONG DONG SNACK†PEKANBARU
Keywords:
Teknik Pemasaran, Kerupuk Rasa Jengkol Dong Dong, Media SosialAbstract
Kerupuk Rasa Jengkol merk Dong Dong adalah usaha kecil yang di kelola secara tradisional oleh ibu-ibu yang memiliki keahlian dalam membuat kerupuk setelah menyelesaikan tugas sebagai Ibu Rumah Tangga. Dengan menyediakan beberapa varian sesuai dengan permintaan pembeli baik varian kecil, sedang, maupun besar yang masih di pasarkan secara tradisional (sistem titip) tanpa adanya promosi baik melalui digital maupun media lainnya. Metode yang penulis lakukan adalah memberikan pemahaman kepada pengelola kerupuk ini bagaiman meningkatkan penjualan dengan media digital maupun memanfaatkan Smartphone. Penyampaian penulis lakukan secara oral dan juga praktek penggunaan media sosial seperti Facabook, Intagram, dan lainnya. Hasil dari penyuluhan ini adalah timbulnya pemahaman mendalam bahwa pemasaran dewasa ini sudah di lakukan secara digital dan ini menghemat banyak waktu dengan jangkauan pembeli diluar Pekanbaru. Usaha kerupuk jengkol merk Dong Dong secara umum sangat menjanjikan untuk menopang ekonomi keluarga masing-masing pengelola, yang harus dilakukana adalah pengurusan ijin, repacking, dan varian yang menarik minat pembeli serta dukungan teknologi dalam pengolahan bahan baku sampai barang jadi.
References
Ahmadun. (2019). Pemberdayaan UMKM Bagi Usaha Keluarga dalam Meningkatkan Pendapatan Di Kampung Jangkar Desa Mekarwangi Cariu Bogor. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 35–42.
Musnaini, Wijoyo, H., Indrawan, I., & Syahtriatna. (2020). DIGIPRENEURSHIP (KEWIRAUSAHAAN DIGITAL).
Ningsih, S., & Handayani, T. (2017). RANCANGAN STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH KERUPUK MULTISARI. Jurnal Daya Saing, 3(2), 199–206. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v3i2.106
Sari, N. M. W., Suwarsinah, H. K., & Baga, L. M. (2016). Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah(UMKM) Gula Aren di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Penyuluhan, 12(1). https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v12i1.11320
Sulistyandari, Widiastuti, E., & Indriati, S. (2017). KEMASAN PRODUK SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN KERUPUK RAMBAK “MIRASA†DI DESA DUKUHTURI, KEC. BUMIAYU, KAB. BREBES. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1. https://doi.org/10.24269/adi.v1i2.597
Wijoyo, H. (2019). SISTEM INFORMASI PEMESANAN MAKANAN DAN MINUMAN DI RUMAH MAKAN PUTRI MINANG JAYA. JS (Jurnal Sekolah) Universitas Negeri Medan, 3(3), 214–224. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24114/js.v3i3.14761
Wijoyo, H., Indrawan, I., & Firmansyah. (2020). KEWIRAUSAHAAN BERBASIS TEKNOLOGI (TEKNOPRENEURSHIP). CV. PENA PERSADA.
Wijoyo, H., Sunarsi, D., Indrawan, I., & Cahyono, Y. (2020). MANAJEMEN PEMASARAN DI ERA GLOBALISASI (M. Prof. Dr. Ir. H. Anoesyirwan Moeins, MSi. (ed.)). CV. PENA PERSADA.