TINGKAT PEMAHAMAN NUMERIK DAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ASING ANAK DIDIK AL-KAMILAH
Keywords:
numerik, kemampuan berbahasa Inggris, pengabdian masyarakatAbstract
Pada saat ini kemampuan dasar numerik dan berbicara bahasa Inggris sangat diperlukan untuk menunjang masa depan. Fenomena yang ada pada siswa-siswi Yayasan Al-Kamilah yaitu masih kurangnya kemampuan dasar numerik dan berbicara bahasa Inggris untuk diterapakan dalam kehidupan sehari-hari. Maka dalam Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini kami kembali membimbing siswa-siswi di Yayasan Al-Kamilah, Depok, Jawa Barat meneruskan pembimbingan sebelumnya dengan cara menambah durasi waktu pelatihan, dengan harapan kemampuan numerik dan berbicara bahasa Inggris siswa-sisiwi di Yayasan meningkat. Metode Pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan memberikan pelatihan dan pendampingan agar siswa-siswa semakin fasih dalam berbahasa Inggris dan terampil dalam kemapuan numerik. Dalam pemberian materi pelatihan dilakukan oleh para dosen Universitas Pamulang yang berlatar belakang pendidikan matematika dan Bahasa Inggris serta berpengalaman mengajar matematika dan Bahasa Inggris. Hasil dari pelatihan ini, kemampuan dasar numerik dan berbicara bahasa Inggris siswa-siswa di Yayasan meningkat cukup signifikan dari rerata 63,33 menjadi 76,00.
References
Berawi, M. A. (2019). Managing Nature 5.0 in industrial revolution 4.0 and society 5.0 era. International Journal of Technology, 10(2), 222-225.
Idris, F., Hassan, Z., Ya’acob, A., Gill, S. K., & Awal, N. A. M. (2012). The role of education in shaping youth's national identity. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 59, 443-450.
Nishanti, R. (2018). The importance of learning English in today world. International Journal of Trend in Scientific Research and Development, 3(1), 871-874.
Noche, J.R. (2017). Mathematics in the Modern world: Introduction. Paper at Conference and Enrichment Sessions on the New General Education Curriculum at Ateneo de Naga University, Naga City, September 2-3, 2017.
Hidayat, A. (2019). Student’s Self-Concept Profiles in Problem Posing According to Cognitive Styles: Developing An Evidence Base for Best Practice of E-Learning in Mathematical Economics Course at Pamulang University. Jurnal Saintika Unpam: Jurnal Sains dan Matematika Unpam, 1(2), 158-165.
Hidayat, A., Friska, Y., Anggraini, A., Syafi’i, M. T., & Kusumaningsih, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Dasar Matematika dan Bahasa Inggris Sebagai Upaya dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 5.0. Abdimisi, 1(1), 55-62.
Hidayat, A., & Prasetya, E. R. (2019). Penerapan teknologi dalam analisis perilaku belajar reflektif berbasis sistem android untuk meningkatkan pembelajaran e-learning. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 79-87.
Xu, M., David, J. M., & Kim, S. H. (2018). The fourth industrial revolution: opportunities and challenges. International journal of financial research, 9(2), 90-95.