PELAYANAN PRIMA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MASA COVID-19 OLEH GURU TAMAN TK DI KECAMATAN SAWANGAN, KOTAMADYA DEPOK

Authors

  • Iis Mariam Staf Pengajar Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Jakarta
  • Nining Latianingsih Staf Pengajar Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Jakarta
  • Titik Purwinarti Staf Pengajar Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Jakarta
  • Endah Wartiningsih Staf Pengajar Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Jakarta
  • Muhammad Zaenal Abidin Eko Putro Staf Pengajar Teknik Grafika dan Penerbitan, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

pelayanan prima, komunikasi efektif, pembelajaran, covid-19

Abstract

Situasi pembelajaran dalam masa pandemic covid-19 saat ini telah berubah mulai pendidikan tingkat dasar sampai pendidikan tinggi. Proses pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka (offline) menjadi pembelajaran secara online karena masalah penularan virus corona yang berdampak pada kesehatan.  Permasalahan dalam penyelenggaraan pendidikan online pada tingkat pendidikan taman kanak-kanak juga  telah menimbulkan ketidaksiapan dari peserta didik dan juga Guru Taman Kanak-Kanak sebagai tenaga kependidikan untuk dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar melalui media online, komunikasi yang digunakan dalam pembelajaran serta pelayanan pengajaran yang harus mencerminkan pelayanan yang prima.  Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan mengenai konsep pelayanan prima bagi para Guru Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Sawangan, Kotamadya Depok, jenis komunikasi dalam proses pembelajaran serta membangun konsep pelayanan prima (service excellent) dalam membantu mempermudah pembelajaran secara online kepada siswa.  Mitra yang terlibat dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah para Guru Taman Kanak-Kanak  TK Al Yazid dan TK Aisyaih Bustanul Atfhal 14, Sawangan, Depok. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat yaitu deskriptif kualotatif dengan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada peserta bagaimana menerapkan komunikasi dan pelayanan prima  melalui teknik diskusi dan tanya jawab selama pelatihan. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah terwujudnya pola pelayanan prima oleh para Guru Taman Kanak-Kanak ketika siswa mengalami kesulitan di dalam mengikuti proses pembelajaran online melalui tiga konsep pelayanan, yaitu konsep attitude, konsep attention dan konsep action. Hasil lainnya adalah jenis komunikasi yang digunakan pada saat proses belajar mengajar menggunakan komunikasi dua arah, efektif, kreatif serta  komunikatif sehingga siswa menjadi antusias di  dalam mengikuti pembelajaran online.

References

Abdullah, Yudi dan Yetty Oktarina. 2017. Komunikasi Dalam Perspektif Teori Dan Praktik. Yogyajarta. Deepublis

Abidin, Yusuf Zainal. 2015. Manajemen Komunikasi: Filosofi, Konsep Dan Aplikasi. Bandung. CV.Pustaka Setia

Ahmadi, Farid. 2017. Guru SD Di Era Digital (Pendekatan, Media, Inovasi). Pilar Nusantara.

Agustina, Ary. 2005. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spritiual, ESQ (Emotional Spritual Question). Jakarta. Arga.

Azhar, Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Effendy, Onong Uchyana. 2015. Ilmu, Komunikasi Teori Dan Praktek Komunikasi. Bandung. Citra Aditia Bakti.

Fatkhurrokhman, Muhammad. Suroso Mukti Leksono, Sulaeman Deni Ramdani, Ikman Nur Rahman. 2018. Learning Strategies Of Productive Lesson At Vocational High School In Serang City. Jurnal Pendidikan Vokasi. Volume 8, No.2, June 2018 (163-172). Online: http://journal.uny. ac.id/index.php/jpv

Frey, Keith. A. Jonathan A Leighton and Katherine K Cecala. 2005. Building a Culture of Service Excellence. Physician Excecutive: Nov/Dec 2005; 31, 6; ABI/INFORM Glibal, pg.40

Judiari, Josina. 2010. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Media Komputindo

Kasmir, 2005. Etika Customer Service. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada,

Keraf, Sonny, 1998. Etika Bisnis. Yogyakarta. Pustaka Filsafat.

Kustandi, Cecep. 2011. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Kistner, Saskia. Katrin Rakoczy, Barbara Otto, Eckhard Klieme & Gerhard Buttner. 2015. Teaching Learning Strategies: The Role Of Instructional Context And Teacher Beliefs. Journal for Educational Research online 7 (2015) 1, S.176-197

M.Shehab, Thomas and Larry A.Adler. 2009. The Quest for Service Excellence – One Group’s Journey, PEJ-July, 2009.

Munir. 2013. Multimedia Konsep Dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta Muste, Delia. 2016. The Role of Communication Skills in Teaching Process. Education, Reflection, Development, Fourth Edition. The European Proceedings of Social and Behavioural Sciences. EpSBS. eISSN: 2357-1330.

Pinter, A. 2011. Teaching Young Language Learners. New York. Oxford.

Rahmayanti, Nina. 2013. Manajemen Pelayanan Prima (Mencegah Pembelotan dan Membangun Customer Loyalty). Yogyakarta. Graha Ilmu.

Shannon, Cad. 2018. Effective Management Communication Strategies. Walden University. https://scholarworks.waldenu.edu/dissertations.

Sukmahidayanti, Tanti. 2015. The Utilization Of Instructional Media In Teaching English To Young Learners (A Case Study Of An Elementary School Teacher In Bandung). Journal of English and Education 2015, 3(2), 90-100.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta. PT.Pustaka Insan Madani.

Sudjana. 2000. Strategi Pembelajaran. Jakarta. PT.Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 215. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung. Alfabeta

Uno, Mien R. 2005. Etiket (Sukses Membawa Diri di Segala Kesempatan). Jakarta. Gramedia.

Downloads

Published

2021-01-16

How to Cite

Mariam, I., Latianingsih, N., Purwinarti, T., Wartiningsih, E., & Putro, M. Z. A. E. (2021). PELAYANAN PRIMA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MASA COVID-19 OLEH GURU TAMAN TK DI KECAMATAN SAWANGAN, KOTAMADYA DEPOK. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 775–784. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/9057