PELATIHAN PENULISAN PUISI DI ERA COVID-19 DI SDK MATER DEI

Authors

  • Nasrul Nasrul Fakultas Sastra, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Sugiyo Sugiyo Fakultas Sastra, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Suyatno Suyatno Fakultas Sastra, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Nuryati Djihadah Fakultas Sastra, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

Keywords:

menulis kreatif, menulis puisi, pelatihan menulis puisi, SDK Mater Dei

Abstract

Ide dan gagasan sebesar apapun, sama sekali tidak berguna jika hanya sebatas ide tanpa dituliskan secara nyata. Untuk itu, sangat dibutuhkan tradisi menulis-kreatif. Menulis kreatif merupakan bagian dari kegiatan yang dapat merangsang otak untuk mengembangkan ide lebih baik. Adanya pandemic covid-19 yang terjadi sejak Maret 2020 tidak menyurutkan pendidikan untuk melaksanakan tugasnya. Khususnya para dosen Sasindo Unpam untuk melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat, dengan tema yang menarik walaupun menggunakan media daring. Anak-anak usia 12 tahun untuk kelas VI merupakan usia yang produktif untuk mendengarkan dan menyimak penggunaan teknologi khususnya smartphone. Dengan ide tersebut, tim PKM melakukan pelatihan menulis puisi dan memperkenalkan puisi kepada mereka. Capaian akhir yang akan dilakukan adalah mengajak siswa-siswi untuk menghasilkan tulisan/ karya. Secara khusus luaran yang akan dikumpulkan adalah kumpulan puisi. Pelatihan ini diharapkan dapat berjalan dengan baik dengan berfokus pada merangsang siswa-siswi untuk berperan aktif dalam menulis puisi dan memperkenalkan puisi ke anak-anak sejak dini.

References

Departemen Pendidikan Indonesia, 2008, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka.

JPGSD, “Peningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Pembelajaran Langsung Di Sekolah Dasarâ€, Volume 02 Nomor 03 Tahun 2014,

Kasnadi, S, 2008, Menulis Kreatif Kiat Cepat Menulis Puisi dan Cerpen. Yogyakarta, Nadi Pustaka.

Keraf, Gorys, 2008, Diksi dan Gaya Bahasa, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Nurgiyantoro, Burhan, 2012, Teori Pengkajian Fiksi, Yogyakara, Gajah Mada

University Press.

Resmini, N. et al, 2009, Membaca dan Menulis di SD: Teori dan Pengajarannya, Bandung, UPI Press.

Romelah, Siti, Sri Hariani Ruslan, dan Nazriani, 2019, “Pelatihan Menulis Puisi Siswa Kelas Vi Sdn 1 Baubauâ€, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Membangun Negeri, Vol. 2 No.1 April 2019.

Rukayah, Abd. Hafid, dan Hasbi Rauf, 2019, “PKM cara mudah menulis puisiâ€. Prosiding Seminar Nasional, Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar.

Rukayah, 2017, Menulis Puisi Mengatasi Kesulitan Belajar

Anak, Yogyakarta, Depublish.

Subrada, D, 2011, “Metode Pengajaran Puisi yang Menyenangkan di Sekolah

Menengah Pertama (SMP)â€, Jurnal Teknodik, 1 (XV). Diakses pada 20 OKtober 2019. Avaiable at https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/89.

Sugiarto, Eko, 2013, Cara Mudah Menulis Pantun Puisi, dan

Cerpen, Yogyakarta, Khta Publishing.

Wicaksono, Andri, 2007, Menulis Kreatif Sastra: dan Beberapa Model Pembelajarannya, Jakarta, Garudhawaca.

Downloads

Published

2021-01-16

How to Cite

Nasrul, N., Sugiyo, S., Suyatno, S., & Djihadah, N. (2021). PELATIHAN PENULISAN PUISI DI ERA COVID-19 DI SDK MATER DEI. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 785–792. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/9058