PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Authors

  • Nurrohmatul Amaliyah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Depi Pujiyanti Fakultas Teknik, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Guru Profesional, Tulisan Ilmiah

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) memiliki peranan penting dalammeningkatkan profesionalisme guru. Oleh karena itu guru-guru wajib melakukan PTK. Dengan melakukan PTK guru-guru diharapkan dapat menghasilkan temuan-temuan yang dapat digunakan sebagai saran, teori dan sebagainya yang dapat membantu dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Dan pada akhirnya PTK diharapkan dapat meningkatkan hasil kualitas pembelajaran menjadi lebih baik. Oleh karena itu saya selaku dosen Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) memiliki kewajiban untuk melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat sebagai salah satu wujud kepedulian dalam bidang pendidikan. Kegiatan PkM ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri wilayah Bekasi tepatnya di SDN Mustikajaya I Bekasi dengan melibatkan guru-guru Sekolah Dasar dalam satu lingkup gugus pendidikan tersebut. Kegiatan PkM ini bertujuan memberi pelatihan kepada guru-guru dalammelakukan PTK dan pelaksanaanya dilakukanmelaluikegiatan workshop sertatutorial, dan hasil akhir darikegiatan ini yaitu berupa kemampuan guru-guru dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di kelas dalambentuk PTK.

References

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013, Himpunan Peraturan Republik Indonesia Bidang Pendidikan, Kemendikbud, Jakarta.

Prastowo, 2015, Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu, Prenada Media Group, Jakarta

Sanjaya, 2008, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajara, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Wiriaatmadja Rochiati, 2008, Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen, PT. Remaja Rosdakarya, Jakarta

Downloads

Published

2021-01-16

How to Cite

Amaliyah, N., & Pujiyanti, D. (2021). PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 801–806. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/9060