KOLABORASI ANTARA ORANG TUA WALI MURID DAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DAN JUJUR PADA ANAK DIDIK DI IDENTIK ISLAMIC SCHOOL

Authors

  • Henlia Peristiwi Rejeki Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Inawati Santini Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Mita Sicillia Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Abu Yazid Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Noto Susanto Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

Keywords:

Anak usia dini, Pendidikan Karakter, Identik Islamic School

Abstract

Pendidikan karakter pada anak usia dini merupakan upaya penanaman perilaku terpuji pada anak, baik perilaku dalam beribadah, perilaku sebagai warga negara yang baik, perilaku berinteraksi dengan orang lain dan lingkunga, dan perilaku terpuji yang bermanfaat untuk kesuksesan hidupnya. Pendidikan karakter dilaksanakan pada setiap lingkungan di mana anak berada. Lingkungan keluarga adalah lingkungan pertama yang ditemukan anak. Orang tua memiliki tanggung jawab untuk menanamkan sikap-sikap yang baik pada anak. Orang tua tidak semestinya menyerahkan pendidikan karakter anak kepada guru. Orang tua dan guru adalah model yang akan ditiru dan diteladani oleh anak, baik ucapan maupun perbuatannya. Penanaman karakter pada anak dapat dilakukan melalui nasihat, pembiasaan, keteladanan, dan penguatan. Identik Islamic School memfokuskan diri dari totalitas belajar tentang Ketaqwaan, Keterampilan dan Pendidikan, merupakan harapan umat Islam Indonesia dalam membangun masyarakat dan peradaban islam pada masa mendatang serta membentuk tatanan masyarakat Indonesia yang harmonis dan mempunyai integritas moral yang tinggi.

References

Ambarwati, dkk. Pendekatan dan Metode Pengembangan Moral Anak Usia Dini. Yogyakarta; FIP UNY. (makalah).

Ary Kristiyani. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Bahasa Di PG-TPA Alam Uswatun Khasanah Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun IV, Nomor 3 Oktober 2014.

Asnawan. 2012. Tanggung Jawab Pendidikan Kejiwaan Anak Bagi Orang Tua (Telaah Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan). Jurnal Falasifa. Vol. 3, No. 1 Maret 2012.

Darmiyati Zuchdi, dkk. 2015. Pendidikan Karakter Konsep Dasar dan Implementasi di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: UNY Press.

Mufatihatut Taubah. 2015. Pendidikan Anak Dalam Keluarga Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Volume 03, Nomor 01, Mei 2015 Hal 110-136.

Sudaryanti. 2010. Pentingnya Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini Dalam Mewujudkan Warga Negara Yang Baik. Makalah dipresentasikan dalam Pengabdian Masyarakat yang diselenggrakan oleh Persekutuan Doa Keluarga Besar Kristen di Kadisoka, Purwomartani, Kalasan, Sleman.

Suyanto. 2009 urgensi pendidikan karakter.http://www.mandikdas men.depdiknas.go.id/web/pages/ urgensi.html.Diunduh pada april 2012.

Suyanto.2009 urgensi pendidikan karakter.http://www.mandikdas men.depdiknas.go.id/web/pages/ urgensi.html.Diunduh pada april 2012.

Taufiq, Tuhana Andrianto. 2011. Mengembangkan Karater Sukses Anak di Era Cyber. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

http://www.unja.ac.id/fkip/index.php/kehidupan-kampus/opini-dan-artikel/117- penanaman-nilai-nilai-kejujuran

Downloads

Published

2021-01-16

How to Cite

Rejeki, H. P., Santini, I., Sicillia, M., Yazid, A., & Susanto, N. (2021). KOLABORASI ANTARA ORANG TUA WALI MURID DAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DAN JUJUR PADA ANAK DIDIK DI IDENTIK ISLAMIC SCHOOL. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 845–854. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/9065