MEMBANGUN EKONOMI KREATIF MELALUI UKM GO EXPORT PENYULUHAN KEPADA PESERTA UMKM GALERI ETNIK NUSANTARA GENSA TANGERANG SELATAN
Keywords:
Ekonomi Kreatif, UKM, Go ExportAbstract
UMKM merupakan usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah. Berdasarkan Undang-Undang nomor 20 Tahun 2008 usaha mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan ataupun badan usaha perorangan dengan jumlah asset maksimal 0 sampai Rp 50 juta dan omzet total 0 sampai 300 juta. UMKM merupakan salah satu potensi perluasan kerja untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan. Pengembangan dalam hal penciptaan kesempatan kerja langsung dalam bentuk kerja mandiri, usaha mikro, ataupun usaha kecil. Sistem Pertahanan Ekonomi Nasional Menyikapi Perubahan Kebijakan Global dalam kontek Masyarakat Ekonomi ASEAN. Pada realitanya, kondisi yang terjadi di lapangan tidak seperti harapan, beberapa UMKM ada yang berangsur-angsur mengalami penurunan dari segi kualitas produk maupun jumlah usahanya. Kenyataan ini tentu berbanding terbalik dengan program pemerintah yang berusaha mengangkat UMKM agar terus berkembang agar terus menyokong ekonomi Negara. Kurangnya pemahaman akan hal pemuasan konsumen di waktu sekarang ataupun akan datang. Sulitnya daya saing dalam hal harga jual produk yang membuat minat akan masyarakat terhadap produk mereka menurun. Permasalahan di atas berdampak pada kinerja penjualan yang dijalankan. Sebab kinerja penjualan yang baik mampu membuat perusahaan dalam hal ini UMKM bertahan dalam kondisi pasar yang bergerak dengan cepat. Sehingga untuk bisa mempertahankan kinerja penjualan dipersaingan yang ketat tersebut diperlukan usaha berupa kualitas produk yang baik, berani mengambil resiko dan agresif. Gensa merupakan wadah UKM (Usaha Kecil Menengah) senusantara yang berada di wilayah Tangerang Selatan, dalam menjalankan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini kami selaku anggota PKM Dosen Prodi D-III Sekretari bekerjasama dengan PT. Mitra Dinamika Sejahtera yang mana PT tersebut adalah mitra Gensa dan sudah bekerjasama atau MoA dengan Universitas Pamulang. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini kami mengambil tema : “MEMBANGUN EKONOMI KREATIF MELALUI UKM GO EXPORT†tema ini bertujuan agar UKM di Indonesia dapat menembus pasar eksport dan membantu program pemerintah untuk mengangkat UMKM agar terus berkembang dan menyokong ekonomi Negara.
References
Amir M.S,2003, Strategi Memasuki Pasar Ekspor, Penerbit PPM, Jakarta
Anggiani, S.,2018,Kewirausahaan,PRENADAMEDIA GROUP, Jakarta.
Bennet, R., dan Blythe, J., 2002, International Marketing,Third Edition, Bell & Bain Ltd, Glasgow
Cateora, P., 2007, International Marketing, Mc Graw hill – irwin, New York
Devi Chairiza Hadi, Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Berbasis Ekonomi Kreatif di Yogyakarta Tahun 2017, Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2018
Hiam,A., 1992, The Portable MBA, John Wiley&sons,Inc., Massachusetts
Imambachri, S. H. (2017). ANALISA STRATEGI PEMASARAN INTERNASIONAL PT. MUSTIKA RATU TBK DI SAUDI ARABIA. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 4(1), 24.
Ismail saleh, dalam budi agus riswandi, 2004, hak kekayaan intelektual dan budaya hukum, rajawali pers, Jakarta
Kahal, S.,2010, Business in Asia Pacific.,Oxford University Press Inc., New York
Keputusan Presiden RI nomor 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil
Kotabe, M. dan Helsen, K., 1998, Global Marketing Management, John Wiley & son, USA
Kotler, P., 2003, Principle of Marketing, Pearson education, Australia
Murray, C., The Marketing Gurus, Penguin group(USA), 2006
Orville, C., Walker, Jr., Mullins, J. W., Marketing Strategy sixth ed.,2008,Mc Graw-Hill, USA
Pearce II, J., dan Robinson Jr, R.,2008, Manajemen Strategis, Edisi 10, Penerbit Salemba, Jakarta