PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SMK BINA HARAPAN CISEENG, BOGOR

Authors

  • Ayu Puspa Lestiyadi Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Kartika Sari Dewi Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Tutri Indraswari Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Promosi, Keputusan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan siswa memilih SMK Bina Harapan Ciseeng, Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dan mengambil data dengan menyebarkan kuesioner kepada siswa SMK Bina Harapan. Sampel yang digunakan adalah siswa SMK Bina Harapan jurusan pemasaran sebanyak 2 kelas yang berjumlah 60 siswa. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS. Hasil uji hipotesis dari penelitian ini adalah sebagai berikut Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan siswa memilih SMK Bina Harapan Ciseeng dimana diperoleh nilai t hitung > t tabel (2,404 > 2,003) dan sig < 0,05 (0,008 < 0,05).  Promosi berpengaruh positif terhadap keputusan siswa memilih SMK Bina Harapan Ciseeng dimana diperoleh nilai t hitung > t tabel (2,797 > 2,003) dan Sig < 0,05 (0,029 < 0,05). kualitas pelayanan dan promosi secara bersama-sama (simultan) berpengaruh secara signifikan terhadap terhadap keputusan siswa memilih SMK Bina Harapan Ciseengâ€, dimana diperoleh nilai F hitung sebesar 8,850 dengan nilai probabilitas (sig)=0,003. Nilai F hitung sebesar 8,850 > F tabel sebesar  3,16 dan nilai signifikan lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau nilai 0,003 < 0,05.

References

Adi, Rianto, 2004, “Metodologi Penelitian Sosial dan Hukumâ€, Granit Jakarta.

Alfarisi, Amirudin. 2016. “Pengaruh Label dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian RTD Tea Less Sugarâ€, Jurnal Ilmu Manajemen, Surabaya.

Daryanto, 2011, “Manajemen Pemasaranâ€, Satu Nusa, Bandung.

Ghozali, Imam. 2013. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresiâ€, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gulla dkk, 2015, “Analisis, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Manado Grace Innâ€, Jurnal EMBA Vol. 3 No. 1, Universitas Sam Ratulangi Manado.

Hermawan, Agus, 2013, “Komunikasi Pemasaranâ€, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Indriantoro, Nur and Bambang Supomo. 2014. “Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen†Edisi 1 Cetakan ke-12, BPFE Yogyakarta.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2018. “Principles of Marketingâ€, Seventeenth Editiom, Pearson Education Limited, United Kingdom.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2012, “Prinsip-Prinsip Pemasaranâ€. Edisi 13 Jilid 1. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Maya, Laila, 2019, “Pengaruh Persepsi Terhadap Resiko Pembelian Personal Computer Pada Proses Pengambilan Keputusam Membeli Konsumenâ€, Universitas Sumetera Utara.

Nasution, E dan Syahbudin, 2018, “Analisi Pemasaran Kopi di Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utaraâ€, Vol 7 No. 1, Jurnal Agribisnis Sumatera Utara.

Natalia, Lia, 2010, “Analisis Faktor Persepsi yang Mmepengaruhi Minat Konsumen Untuk Berbelanja Pada Giant Hypermarket Bekasiâ€, Universitas Gunadarma.

Nurlatifah, Syifa Zakia, R.Masykur, 2017, “Pengaruh Strategi Pemasaran Word Of Mouth (Wom) Dan Produk Pembiayaan Syariah Terhadap Minat Dan Keputusan Menjadi Anggota (Nasabah) Pada Baitul Tanwil Muhammadiyah (BTM) Kota Bandar Lampungâ€, Vol 17 No. 3, Desember 2017.

Rifa’I, M Novi, 2018, “Promosi Makanan Halal di Kota Taipei, Taiwanâ€, Jurnal Ekonomi Syari’ah Vol. 3 No. 1, Universitas Muhamadiyah Malang.

S.P Hasiban, Malayu, 2018, “Sumber Daya Manuisaâ€, Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta.

Santoso, Singgih, 2010, “Statistik Parametrik, Konsep dan Aplikasi dengan SPSSâ€, Cetakan Pertama, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sugiyono. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&Dâ€, Alfabeta, Bandung.

Sukirno, Zakaria dan Poewarto, 2014, “Komunikasi Bisnisíâ€, Penerbit Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Sulistyari, 2012, “Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflameâ€, Jurnal UNDIP, Semarang.

Sunyoto, Danang, 2013, “Dasar-dasar Manajemen Pemasaranâ€, CAPS, Yogyakarta.

Supardi, 2013, â€Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensifâ€, Change Publication, Jakarta.

Supranto, 2006, “Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelangganâ€, Cetakan Ketiga, Penerbit Rineka, Jakarta.

Tjiptono, Fandy & Anastasioa Diana, 2016, â€Pemasaran Esesi dan Aplikasiâ€, Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra, 2012, “Pemasaran Strategikâ€, Edisi Kedua, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Weenas, Jackson R.S, 2013, “Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comfortaâ€, Jurnal EMBA Vol 1 No. 4 Universitas Sam Ratulangi Manado.

Downloads

Published

2020-12-11

How to Cite

Lestiyadi, A. P., Dewi, K. S., & Indraswari, T. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SMK BINA HARAPAN CISEENG, BOGOR. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1563–1570. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/9149