PERENCANAAN ALTERNATIF STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX) PADA INDUSTRI JASA EVENT ORGANIZER DI PT. BUANA INDO PROMO
DOI:
https://doi.org/10.32493/tkg.v3i1.19067Keywords:
Strategi Pemasaran, SWOT, QSPMAbstract
Dalam era persaingan usaha yang semakin kompetitif saat ini, setiap pengusaha ingin memenangkan kompetisi dalam persaingan pasar mengingat banyaknya pesaing dengan usaha yang sama. Oleh karena itu, perusahaan harus memiliki strategi yang tepat agar dapat memenuhi sasaran yang efektif dan dapat memenangkan persaingan pasar. PT. Buana Indo Promo adalah perusahaan yang di dirikan tahun 2018 bergerak dibidang industri jasa event organizer sebagai penyedia lahan untuk sebuah acara dan booth disebuah mall. Permasalahan yang dihadapi adalah adanya penurunan jumlah permintaan sewa yang disebabkan beberapa faktor seperti perbedaan harga, kreativitas, dan pemasaran jasa pesaing lebih baik karena pengalamannya. Sebagai perusahaan yang paling muda peneliti mengusulkan adanya perencanaan strategi pemasaran yang tepat menggunakan SWOT dan QSPM untuk mengetahui strategi yang tepat untuk diterapkan agar dapat meningkatkan permintaan sewa dan kelangsungan keberhasilan perusahaan. Dengan SWOT diketahui posisi PT. Buana Indo Promo berada pada kuadran 1 yaitu perusahaan sedang dalam posisi yang kuat dan on the track sehingga dapat mempercepat pertumbuhan perusahaan. Berdasarkan hasil QSPM total nilai atraktif skor terbesar ada pada strategi 1 SO (Strength- Opportunities) dengan nilai TAS 4.37 sehingga strategi yang dapat diterapkan adalah (1)Memanfaatkan lokasi dan fasilitas yang disediakan Cinere mall serta perusahaan agar dapat menarik pelanggan dari seluruh kalangan masyarakat, (2)Perusahaan mampu bersaing dengan memperluas penyewaan lahan yang kosong, (3)Meningkatkan fasilitas serta inovasi dekorasi yang menarik sesuai dengan harga yang telah ditentukan, (4)Biaya sewa diberikan keringanan untuk mempermudah pelanggan penyewa booth dalam sistem pembayaran, (5)Meningkatkan kegiatan promosi yang semula door to door menjadi promosi dengan media online.References
Feblidiyanti, N. (2019). Analisis Kepuasan Dalam Pelayanan Untuk Meningkatkan Penjualan ( pada Toko Maju Kimia ). Adapun tujuannya , Untuk mengetahui kepuasan dalam pelayanan konsumen. 1,
–137.
Fred R, D. (2011). Strategic Management Manajemen Strategi Konsep, Edisi1(12th ed.). Salemba Empat.
Kamseno, & Maknin. (2018). Analisa Kelayakan Usaha Dan Strategi Pemasaran Keripik Olahan Talas di Desa Tekad-Lampung. Teknologi. Jurnal Ilmiah Dan Teknologi, 1(1), 10–17.
Nugroho, A. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Pada Usaha Mabel (Studi Kasus di PT. Wirasindo Santakarya - Wisanka). https://doi.org/10.5151/cidi2017-060
Purba, A. B., Suliantoro, H., & Rumita, R. (2015). Perancangan Strategi Bisnis dengan Menggunakan Matriks SWOT (Studi Kasus: Bank Jateng Pusat Semarang). Perancangan Strategi Bisnis Dengan Menggunakan Matriks SWOT (Studi Kasus: Bank Jateng Pusat Semarang), 4(4).
Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka.
Rinawati, D. I., Puspitasari, N. B., & Rahayu, N. (2017). Perancangan Strategi Bisnis Pt Karya Paduyasa Menggunakan Swot Dan Quanitative Strategi Planning Matrix (Qspm). Perancangan Strategi Bisnis Pt Karya Paduyasa Menggunakan Swot Dan Quanitative Strategi Planning Matrix (Qspm), 6(3).
Ruspendi, R. (2019). Strategi Keunggulan Bersaing Industri Retail Komponen Otomotif Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Di Pt. Astra Otoparts Tbk. JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri), 2(1), 18. https://doi.org/10.32493/jitmi.v2i1.y2019
.p18-26
SUTIARKORO1, A. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Katalog Rainbow Creative Semarang. 1–10.
Umar, H. (2003). Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Gramedia Pustaka.
Wisnianingsih, N. (2018). Analisis SWOT Produk Teh Wangi 1 . Identifikasi Kekuatan dan Kelemahan Berdasarkan hasil analisis internal pada perusahaan maka diperoleh kekuatan dan kelemahan produk teh wangi yang diproduksi di perusahaan . Serangkaian kekuatan dan kelemahan produk teh. 1, 117–121.
Zulhiana, M., Suliantoro, H., & Purwaningsih, R. (2015). Pemilihan Strategi Bisnis Dengan Menggunakan Metode Quantitative Strategy Planning Matrix Pada Ukm Batik Banyumas. Industrial Engineering Online Journal, 1(October),
–12.