ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK SASIS HT-661 MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL PROSESS CONTROL PADA PT. TEKNOPLAST

Authors

  • Muhammad Erwin Haryanto Mahasiswa Universitas Pamulang
  • Rini Alfatiyah Universitas Pamulang
  • Wanto Sarwoko Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/tkg.v3i2.19702

Keywords:

Statistic Prosess Control, 5W 1H

Abstract

PT. Teknoplast mengalami permasalahan dalam membuat produk yang dihadapi dalam membuat produk mainan anak-anak, jumlah produk cacat yang masih di atas batas maksimal yang sudah ditetapkan khususnya pada produk Sasis HT-661. Untuk mengurangi jumlah cacat tersebut diperlukan metode pengendalian kualitas. Selanjutnya dengan menggunakan metode Statistical Prosess Control dengan perhitungan diagram pareto, histogram, dan peta kendali p diperoleh 3 jenis cacat terbesar yang di prioritaskan untuk dilakukan perbaikan dengan pengurutan tingkat terbesar kecacatan produk adalah Short Shot sebesar 5.754 pcs, Weld Line sebesar 1.072 pcs, dan Silver Streak 866 pcs. Selanjutnya, usulan perbaikan yang diberikan dapat diketahui faktor penyebab cacat berasal dari faktor manusia, faktor mesin/peralatan yang tidak dalam kondisi baik saat digunakan, bahan baku material yang perlu dijaga kualitasnya, metode kerja yang harus dilaksanakan sesuai dengan SOP yang sudah ditetapkan dan faktor lingkungan yang harus dijaga kebersihan untuk menghasilkan output sesuai standar. Sehingga, perusahaan dapat mengambil tindakan pencegahan serta perbaikan dengan fishbone dan perbaikan 5W+1H untuk menekan tingkat kecacatan dan meningkatkan kualitas produk.

References

Ali Mahfued Bayu Musthofa. (2018). Analisis pengendalian kualitas produk kantong plastik dengan Menggunakan SPC (Stastistical Prosess Control). Di PT. Plamboyan Jaya Malang.

Crosby, P. B. (1979). Quality is Free: The Art of Making Quality Certain. New American Library, New York.

Deming, W. Edwards. (1982). Guide to Quality Control. Cambirdge: Massachussetts Institute Of Technology.

Elliot. (1993). “Management of Quality in Computing Systems Education: ISO 9000 series Quality Standards Appliedâ€. Journal of System Management. September, 6-11

Garvin, D. A. (1998). Managing Quality. New York: The Free Press.

Godina, R. (2016). Quality Improvement With Statistical Process Control in the Automotive Industry.

Hariyanto, (2017). Pengendalian Kualitas Statistik. Yogyakarta: Andi Offset.

Juran, J. M. (1962). Quality control handbook. New York: McGraw-Hill.

Moh. Nazir. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Noor Fauziyah. (2015). Pengendalian Kualitas Crude Palm Oil Perusahaan Minyak Kelapa Sawit dalam Upaya Mengendali kan tingkat kerusakan produk di PT. Kalimantan Sanggar Pusaka.

Putra, (2016). Pengaruh Proses dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan MNC Play Media, Jurnal Manajemen, Volume 12, Nomor 2. Maret 2016

Scherkenbach, W.W. (1991), Deming s Road to Continual Improvement, SPC Press, Knoxville, Tenn.

Solihudin, M. (2017). Pengendalian Kualitas Produksi dengan Statistical Process Control (SPC) PT. Surya Toto Indonesia Tbk.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Yudiarto, Parinduri, L. (2018). Penerapan metode stastical prosess control dalam mengendalikan kualitas kertas kobbin. Vol 14, Nomor 2. 106-111.

Downloads

Published

2022-12-21