ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL DAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DI SALON PERAWATAN NURANI BEAUTY

Authors

  • Dedin Sukmadin
  • Rini Alfatiyah
  • M Mualif

DOI:

https://doi.org/10.32493/tkg.v3i2.21829

Keywords:

Kepuasan Pelanggan, Servqual, IPA

Abstract

Kualitas pelayanan suatu usaha dapat menimbulkan kepuasan terhadap pelanggan, dengan begitu dapat sangat mempengaruhi kemajuan suatu usaha untuk mempertahankan eksistensi perusahaan tersebut dalam persaingan dunia bisnis yang semakin kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan jasa serta mengetahui hasil aplikasi dari metode yang diterapkan saat penelitian di Salon Perawatan Nurani Beauty. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode servqual dan IPA. Perusahaan akan mengetahui kualitas pelayanan seperti apa yang dibutuhkan pelanggan dan bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas pelayanan tersebut. Berdasarkan hasil persepsi pelanggan dengan nilai GAP negative berkisar antara -0,04 sampai dengan -0,82. Dengan menunjukan bahwa kepuasan pelanggan masih kurang terhadap layanan yang diterimanya. Sedangkan hasil aplikasi metode SERVQUAL dan IPA (Importance Perfomance Analysis) terbagi menjadi 4 kuadran yaitu kuadran A menunjukan bahwa kinerja perlu ditingkatkan guna untuk meningkatkan kepuasan pelanggan atas pelayanan yang telah didapatkan, kuadran B menunjukan agar perusahaan mepertahankan kinerja tersebut, kuadran C menunjukkan bahwa peningkatan kinerja pada poin ini tidak menjadi priortas, dan kuadran D menunjukan bahwa kinerja pada perusahaan cenderung berlebihan.

 

References

Andiwibowo, N. (2018). Analisis Kualitas Jasa Kalibrasi Dengan Metode SERVQUAL Dan IPA Untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Pelanggan Pada Cv. Metrology Global Services. Skripsi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

Alfatiyah, R. (2020). Analisis Kualitas Jasa Pelayan Parkir Dengan Metode Servqual, Ipa, Dan Qfd Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Pt. Securindo Packatama Indonesia. Skripsi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

Alfatiyah, R. (2018). Analisis Kualitas Jasa Periklanan Dengan Kombinasi Metode Servqual Dan Quality Function Deployment (QFD) Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri), 1(1), 1-7.

Fatiah, A. (2017). Analisis Pengukuran Tingkat Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Metode SERVQUAL. Skripsi, Universitas Islam Yogyakarta, Yogyakarta.

Khusaini , A. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Spa Club Arena Yogyakarta. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Kotler, & Keller. (2009). Managemen Pemasaran (13 ed., Vol. 1). Jakarta: Erlangga.

Lestari, N. (2017). Analisa Kualitas Pelayanan Universitas Pamulang Studi Kasus Pada Reguler C Menggunakan Metode SERVQUAL Dan SWOT. Skripsi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

Lupiyohadi, & Handani. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa (2 ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Purba, V. J. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan Seketariat Reguler C Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Teknik Dengan Metode SERVQUAL dan IPA di Universitas Pamulang. Skripsi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

Sigit, R. D. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna jasa Lapangan Futsal (Studi Kasus Pada Ifi Futsal Bandung). Skripsi, Universitas Telkom, Bandung.

Wildan, S. (2017). Analisa Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dengan Menggunakan Metode SERVQUAL Dan FMEA Pada Tingkat Pelayanan Program Studi Teknik Industri. Skripsi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Zantika, R. R. (2016). Analisis Kualitas Kepuasan Orang Tua Siswa Terhadap Fasilitas Dan Pelayanan Jasa Dengan Aplikasi FUZZY SERVQUAL Di Madrasah Tsanawiyah Pembangunan. Skripsi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

Downloads

Published

2022-12-21