ANALISIS PEN`GUKURAN NILAI OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) SEBAGAI DASAR OPTIMASI PRODUKTIVITAS MESIN LIPAT PAPER (HANGZHOU) DI PT. SELAMAT SEMPURNA. Tbk

Authors

  • Muhammad Arif Rahmandika
  • Rusmalah Rusmalah

DOI:

https://doi.org/10.32493/tkg.v4i2.25081

Keywords:

mesin lipat paper, OEE, six big losses.

Abstract

PT. Selamat Sempurna Tbk bergerak dibidang industri manufaktur, khususnya pada pembuatan komponen filter. Salah satu bagian dari pembuatan filter yang paling penting yaitu media kertas penyaringan kotoran. Pada pembuatan media paper ini dilakukan proses dengan mesin yaitu mesin lipat kertas. Karena media kertas merupakan bagian utama dalam pembuatan filter maka dilakukanya riset untuk efektivitas dari proses pembuatan media kertas tersebut. Riset ini dilakukan dengan metode Overall equipment Effectiveness (OEE). Metode ini dapat memperlihatkan apakah mesin sudah memenuhi standar efektivitas atau belum. Dan dari metode ini juga dapat dilihat berbagai macam faktor yang mempengaruhi keefektivitasan mesin. Untuk perhitungannya, OEE memiliki 3 poin indikator, yaitu availability, performance dan quality. Yang dimana metode six big losses dapat memperlihatkan faktor tersebut. Hasil memperlihatkan bahwa rata-rata efektivitas mesin selama masa pengamatan yaitu 70.6% dan 76% (dari 2 mesin yang diamati). Yang dimana rata-rata nilai dari availability 78,01% dan 84,04%, peformance 94,61% dan 94,56% dan quality 95,67% dan 95,57%. Dimana faktor yang paling mempengaruhi dari pengurangannya efektivitas pada mesin lipat kertas hangzhou adalah setup and adjustment losses.

 

 

References

Alfatiyah, R., & Bastuti, S. (2020). Improving The Effectiveness Of Primary Rolling Machine With OEE And Six Big Losses Method. SINTEK JURNAL, Vol. 14, No. 2.

Balol, W. A. (2019). Analisis Perhitungan Overall Equipment Effectiveness (OEE) Untuk Meningkatkan Availibility Dan Performance Pada Mesin Filling Di PT. SC. Jurnal Ilmu, Vol 13. No.1.

Fauzia, R., Yuniarti, D., & Hayati, M. N. (2020). Analisis Diagram Kontrol Fuzzy U (Studi Kasus: Kecacatan Produk Kayu Lapis (Plywood) di PT. Segara Timber Mangkujenang, Samarinda Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2018). Jurnal EKSPONENSIAL, Vol.11, No 1.

Hafiz, K., & Martianis, E. (2019). Analisis Overall Equipment Effectiveness (OEE) Pada Mesin Caterpillar Type 3512B Di PT. PLN (PERSERO) ULPLTD Bagan Besar PLTD Bengkalis. Sinter Jurnal, Vol. 13 No.2.

Hutabarat, M. M., & Muhsin, A. (2020). Analisis Tingkat Efektivitas Kerja Pada Mesin Auto Hanger Dengan Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE). Jurnal Opsi, Vol.13 No.1.

Manik, R. F. (2018). Analisis Produktivitas Dengan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE) Dalam Penerapan Total Productive Maintenance (TPM) Pada Mesin Polymer Extrusion.

Nakajima, S. (1988). Total Productive Maintenance. Cambridge: Productivity Inc.

Nurmutia, S., Candra, A., & Shobur, M. (2020). Analysis Improvement Production Process Of Making Joint Care Air Filter Mitsubishi (Cjm) With Overall Equipment Effectiveness And Six Big Losses. IOP Publishing Ltd.

Pinasthika, A. (2018). Analisis Perhitungan Overall Equipment Effectiveness (OEE) Guna Mengurangi Six Big Losses Dan Upaya Perbaikan Dengan Pendekatan Kaizen 5s.

Rahman, A., & Perdana, S. (2018). Perhitungan Produktivitas Mesin Perfect Binding (Yoshino) Dengan Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE) Pada PT.XYZ. Jurnal String, Vol.3 No.1.

Saipudin, S. (2019). Analisis Perhitungan Overall Equipment Effectiveness (OEE) Untuk Peningkatan Nilai Efektivitas Mesin Oven Line 7 Pada PT. UPA.

Silitonga, A. N. (2019). Pengukuran Nilai Overall Equipment Effectiveness (OEE) Pada Mesin Penceak Biskut Di PT. Siantar Top, Tbk Medan.

Suliantoro, H., Susanto, N., Prastawa, H., Sihombing, I., & M, A. (2017). Penerapan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE) dan Fault Tree Analysis (FTA) Untuk Mengukur Efektifitas Mesin Reng. J@ti Undip, Vol.12 No.2.

Downloads

Published

2022-12-21