ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK MENGURANGI JUMLAH CACAT PRODUK STAND AIR CONDITIONER SYSTEM DARI PROSES PENGELASAN DENGAN METODE QUALITY CONTROL CIRCLE (QCC) DI CV. RAMA TEKNIK

Authors

  • Muhammad Mursid Mutaqin
  • Budi Aprina
  • Khasbunallah Khasbunallah

DOI:

https://doi.org/10.32493/tkg.v4i2.25087

Keywords:

Kualitas, perbaikan, Cacat produk Qualiy Control Circle, Fishbone, 5W1H

Abstract

CV. Rama Teknik selaku perusahaan yang bergerak dibidang industri otomotif sangat memperhatikan kualitas dari produknya Dengan salah satu produk yang dihasilkan ialah Stand Air Conditioner System, yang dimana di dalamnya terdapat material stand yang diproduksi langsung oleh perusahaan tersebut dengan jumlah yang banyak serta memiliki jumlah defect yang cukup banyak. Dari data diatas menunjukan bahwa jumlah kerangka stand yang cacat dari proses las cukup tinggi presentasinya, dari periode januari sampai oktober jumlah produk cacat keseluruhan adalah 144 atau sekitar 10,73% dari jumlah keseluruhan produk hal ini menjadi masalah CV. Rama Teknik dalam proses produksi dan metode yang cocok untuk mengendalikan mutu produk dan mengurangi jumlah produk yang mengalami cacat adalah dengan menggunakan metode Quality Control Circle (QCC). Untuk memecahkan masalah yang ada dan meminimalisasi penyebab dominan maka perbaikan yang dilakukan mengacu pada pemilihan langkah perbaikan yang lebih efektif dan efisien. Mengumpulkan informasi dan menganalisis permasalahan yang terjadi menggunakan prinsip 5W1H yaitu: What, When, Where, Why, Who dan How. Setelah melihat data hasil langkah perbaikan cacat dari proses las dan target penurunan yang tercapai, maka akan di lakukan perbaikan selanjutnya. Karena konsep Quality Control Circle ini adalah perbaikan kualitas yang bersifat kontinyu yang artinya perbaikan tersebut akan selalu berlanjut pada perbaikan berikutnya secara terus menerus.

 

 

 

References

Agus Ahyari (2012) Manajemen Pengendalian Produksi, Edisi 4, Yogyakarta: Penerbit: BPFE

Assauri, S. 2014. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Astini, R. 2015. Menanggulangi Kelebihan Pemakaian Coklat Pada Produksi Wafer XX Dengan Metode QCC Di PT XYZ.

Dunn, 2017. Quality asurance and quality control process sumarry of methabolommi es comunity. Jurnal kualitas proses.

Gazperz, Vincent. 2010. Production Planning and Inventory Control Berdasarkan Pendekatan Sistem Terintegrasi MRP II dan JI. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Haming, M, & Mahmud. N. 2012. Manajemen Produksi Modern (Operasi Manufaktur dan Jasa). Jakarta: Bumi Aksara.

Haryadi, H. (2018). Analisa Pengendalian Kualitas untuk Mengurangi Jumlah Cacat Produk (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MARCU BUANA).

Jason Ranti, 2015. Ashfeet of product quality control determinti onaf quality component and product quality factor. Jurnal of quality control product.

Riadi, S., & Haryadi, H. (2020). Pengendalian Jumlah Cacat Produk Pada Proses Cutting Dengan Metode Quality Control Circle (QCC) Pada PT. Toyota Boshoku Indonesia (Tbina). Journal of Industrial Manufacturing, 5(1), 57-70.

Pantauva. 2015, exploring total Quality management apication underuncertainty a research agenda for the shiping industry. Jurnal management industri.

Samman. 2017.Continous quality improvement program part survey critical analysys and future research direction. Jurnal analisis metode QCC.

Sharif. 2016. Student quality control circle: a casestudy on student participatio nin the quality control circle at the faculty of businis and management. Jurnal metode QCC.

Sulaeman. 2014. Analisa Pengendalian Kualitas Untuk Mengurangi Produk Cacat Speedometer Mobil Dengan Menggunakan Metode QCC di PT INS. Jurnal Pasti, VIII (1), 71-95.

Yosan, R.B. 2017. Analisis Kualitas Produk Dab Korelasinya Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Dengan Metode Statistical Process Control. Sinergi, Vol 21 (3), 231-237.

Zulian Yamit (2013) Manajemen Kualitas Produk & Jasa, Jakarta: Penerbit Ekonisia

Downloads

Published

2022-12-21