PROSES PERANCANGAN PRODUKSI MEBEL DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DI USAHA CV. MANSHURIN JAYA MEBEL

Authors

  • Diva Wahyu Saputra
  • Yudi Maulana

DOI:

https://doi.org/10.32493/tkg.v4i2.25088

Keywords:

Perancangan Produk, Quality Function Deployment (QFD), Produksi Mebel

Abstract

CV. Manshurin Jaya Mebel merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan produk mebel. Kemunculan bermacam-macam Jenis barang furniture membuat persaingan pasar semakin liar dan menyebabkan para pembuatnya saling bersaing untuk memberikan barang-barang terbaik mereka untuk menarik perhatian pembeli. Didalam Penelitian yang akan dibuat ini, produk mebel pada CV. Manshurin Jaya Mebel dalam proses pembuatannya menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Metode Analisis dan Pengumpulan data-data yang akan dipakai lewat wawancara / pertanyaan secara tatap muka dan kuesioner. Data-data yang akan dipakai dikumpulkan melalui penyebaran 9 pernyataan yang akan ada didalam kuisioner. Hipotesis dari penelitian yang dilakukan ini akan menggunakan Analisis uji validitas dan uji reliabilitas. Penggunaan variabel untuk tingkat graduasi warna mebel/furnitur kursi dan meja dalam pemeriksaan House of Quality (HOQ) memiliki hubungan yang paling mendasar jika dibandingkan dengan reaksi khusus lainnya. tingkat Validitas berada di level paling atas kepastian (r > 0,3), Sedangkan untuk Pengujian Reliabilitas menemukan hasil yaitu Cronbach Alpha > 0,6. Dengan adanya penelitian ini diharapkan Pembeli puas dengan model kursi dan meja yang sangat nyaman dipakai, dan level kreativitas yang begitu bagus, serta bisa bermanfaat untuk kebutuhan pelanggan.

References

Bunawa, Nasthasia Alysaa. 2016. Perancangan Mebel Multifungsi Untuk Apartemen SOHO di Surabaya. Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Cohen. 1995. Quality Function Deployment: How to Make QFD Work for You. Addison-Wesley Publishing Co. Massachusets.

Griffin, A. & J.R Hauser et al. 1993. The Voice of Customer. Marketing Science. Vol 12, no 1, Winter 1-

Harsokoesoemo. H. Darmawan. 2004. Pengantar Teknik industry (perancangan produk). Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Herlie, M. 2008, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Kerja dan Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan Tambang Batu Bara PT. Adora Indonesia di Tabalong Kalimantan Selatan, Eksekutif, Volume 5, Nomor 2,

Agustus 2008.

Moleong, LJ. (2007). Metode penelitian kualitatif . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suharsmi, Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka, 2013.

Ulrich, K.T. & Eppinger, Steven. D. 2008, Product Design and Development, 4th ed, Singapore: McGrawHill Companies.

Wignjosoebroto, Sritomo., 2000 , Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu, Bandung: ITB.

Downloads

Published

2022-12-21