PERENCANAAN PRODUKSI GULA MENGGUNAKAN MCTODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (MRP) DI PT PG CANDI BARU

Authors

  • Zamrud Falaq Qodri Iin Indriani dosen02192@unpam.ac.id
  • Muhammad Shobur
  • iin Indriani

DOI:

https://doi.org/10.32493/tkg.v4i2.27200

Keywords:

Bahan baku, Penyimpanan, Material Requirement Planning,

Abstract

Perseroan Terbatas PG Candi Baru adalah perusahaan yang bergerak di bagian  usaha industri  yang menghasilkan gula pasir dengan raw material utamanya berupa tebu. Perusahaan ini memiliki permasalahan dan hambatan dalam proses produksi gulanya, yaitu berupa tidak adanya perencanaan pemesanan bahan baku tebu yang efektif dan juga memiliki kapasitas produksi yang terbatas setiap harinya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menemukan sistem produksi yang efektif dan perencanaan pemesanan bahan baku tebu yang optimal agar perusahaan mencapai target produksi setiap tahunnya. Bersumber permasalahan yang ada tersebut maka dapat dibilang Perseroan Terbatas PG Candi Baru harus melakukan analisis perencanaan dan pengendalian raw material produksi menggunakan mctode Material Requirement Planning (MRP) .Setelah dilakukan penerapan mctode MRP, pabrik berhasil mencapai target produksi sebesar 31.000 ton dengan hanya membutuhkan bahan baku tebu sebanyak 403.000 Ton saja, dan juga mendapatkan perencanaan pemesanan bahan baku tebu yang efektif dari 1 kali pemesanan menjadi 19 kali pemesanan, hal ini diperlukan agar menjaga kualitas tebu agar tidak mengalami penurunan kualitas selama di penyimpanan perusahaan. Menarik kesimpulan dari hasil pembahasan bahwa terjadi penumpukan bahan baku tebu di penyimpanan perusahaan dan menyebabkan menurunnya kualitas tebu sehingga mctode MRP digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

References

Abrianto Darmawan, D. R. (2017). Pcrencanaan perscdiaan bahan baku produksi dcngan mctode Material rcquirement planning (MRP) pada PT. SEJATIJAYA. JPTM. Bandung: camp media.

Ali, A. H. (2018). cara mengendalikan manajemen logistik dalam perusahaan. jogjakarta: joga cipta karya.

Atmosudirdjo. (2018). pemahaman manajemen dalam berbagai aspek. solo: Sinar Bintang.

Brown, S., Blackmon, K., Cousins, P., dan Maylor, H. 2017. Opcrations Managcment: Policy, Practice and Pcrformance Improvemcnt. Oxford: A division of Reed Educational and Professional Publishing Ltd.

Dwika Ery Irwansyah. 2018. Penerapan Material Requirements Planning (MRP) dalam Perencanaan Persediaan Bahan Baku Jamu Sehat Perkasa pada PT. Nyonya Meneer. Tidak Dipublikasikan. Skripsi. http://eprints.undip.ac.id/19378/1/skripsi.pdf [29 Juni 2018]

Elvana, D. (2022). Analisis pengendalian persediaan untuk kabel NYM-@50m dengan mctode min-max dan economic order quantity untuk memenuhi permintaan konsumen PT. Mesindo Agung. Skripsi Teknik Industri, 39-40.

Fahmi ali, R. (2020). Pengendalian persediaan bahan baku woven bag dengan mctode material requirement planning (MRP) untuk mengurangi biaya produksi pada PT. Sinar jaya. Skripsi Teknik Industri, 49-50.

Galingging, E. (2022). Analisis pcnerapan mctode matcrial requiremcnt planning (MRP) untuk pcrbaikan stock bahan baku di PT. Ancka Busa Indonesia. Skripsi Teknik Industri, 45-47.

Gunawan Wibisono, S. R. (2017). Analisis penerapan MRP terhadap perencanaan dan pengendalian persediaan bahan baku pada PT. Latif di kediri. Dalam H. B. Santoso. Kediri: Cipta Media.

Handoko, H. (2017). mengenal tentang manajemen. jogjakarta: lokal media.

Manullang. (2018). Manajemen operasional dalam kehidupan produksi. Jakarta: griya cipta.

Moekijzat. (2017). Pengertian,fungsi, dan keseharian manajemen dalam kehidupan. Bandung: Rangka cipta insan.

Muhammad Arief, S. D. (2018). Analisis perencanaan persediaan batubara FX dengan mctode material requirement planning (MRP). Skripsi Teknik Industri, 50-51.

Rangkuti, F. (2017). Manajemen Logistik sebagai faktor keberhasilan dalam produksi . Bandung: Cipta media karya.

Sentono, S. P. (2019). manajemen jasa dalam perusahaan bergerak . jogjakarta: media lokal.

Setiawan, R. A. (2018). Analisa persediaan bahan baku pembuatan hebel dengan menggunakan mctode FIFO, Average, dan EOQ di PT Angsa Daya CIkande. Skripsi Teknik Industri, 40-42.

Siagian, P. (2019). Memahami sistem manajemen dan sistem logistik. Bandung: Media cipta karya.

Sri, G. W. (2018). AnaIisis pencrapan MRP terhadap pcrencanaan dan pcngendalian pcrsediaan bahan baku pada bahan baku produk ANT INK CV. Sinar Mutiara. Skripsi Teknik Industri, 30-31.

Sulistriyo, I. W. (2020). Manajemen organisasi . Jakarta: Graha insan cipta.

Tarwaka, B. S. (2018). Ergonomi untuk keselamatan, kesehatan kerja, dan produktivitas. Bandung: Media cipta karya bandung.

Trio Y, T. (2017). analisis material requirement planning (MRP) di C-Maxi alloycast. Skripsi Teknik Industri, 49.

Uma Sekaran. 2017. Mctode Penelitian Untuk Bisnis. Edisi Empat. Jakarta: Salemba Empat

Wahyuni Asyin, A. S. (2018). Perencanaan persediaan bahan baku dengan menggunakan mctode material requirement planning (MRP) produk kacang shanghai pada perusahaan gangsar ngunut tulungagung. Dalam s. industri, Vol (hal. 115-228). Tulungagung.

Downloads

Published

2021-10-02