ANALISIS POSTUR TUBUH OPERATOR GUDANG SECARA ERGONOMI DENGAN METODE RULA & REBA DI DEPARTEMENT WAREHOUSE PT. MEGASETIA AGUNG KIMIA

Authors

  • Agam Kurniawan Universitas Pamulang
  • Achmad Chaerul Muslim Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/tkg.v5i1.31583

Keywords:

Musculoskeletal Disorders (MSDs), Postur Kerja, RULA dan REBA

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi postur tubuh seorang manajer gudang 10 staf. Musculoskeletal Disorders (MSDs) mungkin terjadi akibat pekerjaan gudang untuk operator gudang. Hal ini mungkin karena faktor yang berkaitan dengan postur kerja, seperti sering membungkuk saat menyetrika dan menandai pakaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur dan menganalisis posisi kerja pekerja. Dalam investigasi ini, pengukuran diperoleh pada tubuh bagian atas dan bawah menggunakan prosedur RULA dan REBA.. Skornya adalah 7 dan REBA adalah 4, sesuai dengan hasil perhitungan RULA (Rapid Upper Limb Assessment) yang dilakukan oleh operator gudang saat memindahkan bahan baku. Postur tubuh bagian atas pekerja dihitung menggunakan metode RULA (Rapid Upper Limb Assessment), dan postur tubuh lengkap mereka dievaluasi menggunakan pendekatan REBA (Rapid Upper Limb Assessment). Sekilas tentang teknik RULA dan REBA yang digunakan oleh staf gudang PT. Megasetia Agung Kimia disajikan dalam publikasi penelitian ini.

References

Di, M., & Xyz, P. T. (2022). perancangan fasilitas kerja pada proses washing material di Pt. xyz. 03, 19–30.

Di, R., Konveksi, J., Hunusalela, Z. F., Perdana, S., & Dewanti, G. K. (n.d.). Analisis postur kerja operator dengan metode RULA dan. 6(58), 1–10.

Hamdy, M. I. (2020). analisa postur kerja manual material handling (MMH) pada karyawan bagian pembuatan block menggunakan metode Rapid Upper Limb Assessment (RULA) (studi kasus: PT Asia Forestama Raya). Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 5(1), 62. https://doi.org/10.24014/jti.v5i1.7432

Kurnia, F., & Sobirin, M. (2020). analisis tingkat kualitas postur pengemudi becak menggunakan Metode. Jurnal Engine: Energi, Manufaktur, Dan Material, 4(1), 1–5.

Maulana, D., Anugerah, R., & Puteri, M. (2019). usulan perancangan conveyor untuk mengurangi keluhan muskuloskeletal pada proses packing produk dengan aspek ergonomi. JISI : Jurnal Integrasi Sistem Industri, 6(1), 29–36.

Ngurah, G., Kencana, S., & Vitasari, P. (2022). Analisis resiko kecelakaan kerja pada karyawan dengan metode rapid upper limb assesment padaperusahaan packing air minum dalam kemasan. 5(1), 42–49.

Pramana, A. N., Kurniawan, B., & Ekawati. (2021). Analisis Postur Kerja dengan Menggunakan Metode Rapid Upper Limb Assessment (RULA) pada Pekerja di Laundry X Kota Semarang. Indonesian Journal of Health Community, 2(2), 57–66. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/ijheco%0AAnalisis

Utomo, C., Sulistiarini, E. B., & Putri, C. F. (2021). A. REBA (Rapid Entire Body Assesment) REBA adalah metode yang digunakan untuk melakukan perhitungan dan analisis terhadap seluruh tubuh pekerja. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi, ISSN : 197, 110–117.

Downloads

Published

2022-03-05