ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS SABLON MANUAL DENGAN METODE SEVEN TOOLS DI UNIT PRODUKSI SABLON TEKNIK INDUSTRI

Authors

  • Esar Agung Laksono Universitas Pamulang
  • Adi Candra Universitas Pamulang
  • Agus Nurrokhman Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/tkg.v5i1.31584

Keywords:

Seven Tools, Pengendalian Kualitas, Kecacatan Produk

Abstract

Masalah pengendalian kualitas bagi sebuah perusahaan merupakan hal penting karena dapat meningkatkan hasil produktivitas dari produk yang dihasilkan, pada umumnya banyak kendala yang dihadapi oleh perusahaan terutama masalah deffect di produk. Unit produksi sablon teknik industri juga mengalami terjadi di masalah pada kualitas yang dihasilkan masalah ini sering timbul banyak faktor yang mempengaruhinya, mulai dari manusia, mesin, teknik, dan juga lingkungan. Salah satu teknik pemecahan masalah dalam pengendalian kualitas yaitu menggunakan metode seven tools. Metode ini menggunakan beberapa alat yang dapat menjabarkan bagaimana pemecahan masalah pada setiap kualitas produk yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode seven tools pada hasil produksi unit produksi sablon teknik industri. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan beberapa poin berikut. (1) Hasil analisa cheet sheet didapatkan jenis kecacatan produk sablon sebanyak empat jenis kecacatan yaitu sablon meleset, salah peeling, salah cutting, dan salah posisi. (2) Hasil analisis diagram histogram kecacatan tertinggi terdapat pada jenis kecacatan sablon meleset yang sebesar 5 unit. (3) Hasil analisa diagram pareto jenis kecacatan sablon meleset berada pada presentase 45,5%. (4) Berdasarkan hasil diagram fishbone penyebab utamanya disebabkan manusia, material, metode, dan mesin. (5) Peta kendali menunjukkan bahwa proses produksi tidak pernah berada di luar batas kendali, (6) Diagram tebar menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara jumlah produksi dan jumlah cacat. (7) Diagram alir menunjukkan proses pembuatan sablon manual.

References

Abdurahman, N. C., & Arifin, A. (2020). Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Kantong Semen Dengan Seven Tools. Jurnal Industri Kreatif (JIK), 4(01), 97-108.

Ayuk, T. (2018). Analisis Kecacatan Produk Menggunakan Pendekatan Spc (Statistical Process Control) Dengan Metode Seven Tools (Studi Kasus di CV. Saraswati Batik Fajar Indah Laweyan-Surakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Budiman, Wildan Mufiet. (2021). Pengendalian Kualitas Sablon Menggunakan Metode Jumlah Kegagalan Pada Laboratorium Teknik Industri Univeristas Pamulang. Laporan Kerja Praktek.

Firdaus, A., Kurniawati, D., & Habibah, E. (2020). 36-45 Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Gabah Menggunakan Metode Seven Tools. Cyber-Techn, 15(01), 10-Halaman.

Haryanto, E. (2019). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Bos Rotor Pada Proses Mesin Cnc Lathe Dengan Metode Seven Tools. Jurnal Teknik, 8(1).

Ivanto, M. (2012). Pengendalian Kualitas Produksi Koran Menggunakan Seven Tools Pada PT. Akcaya Pariwara Kabupaten Kubu Raya. Jurnal, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura.

Kenny, E., & Susanty, A. (2015). Analisis Penyebab Ketidaksesuaian pada Produk Teh Botol Sosro dengan Metode Seven Tools dan Pemberian Alternatif Pemecahan Akar Masalahnya dengan Menggunakan Metode 5W+ 1H pada PT. Sinar Sosro KPB Ungaran. Industrial Engineering Online Journal, 4(1).

Nursyamsi, I., & Momon, A. (2022). Analisa pengendalian kualitas menggunakan metode seven tools untuk meminimalkan return konsumen di PT. XYZ. Jurnal Serambi Engineering, 7(1).

Radianza, J., & Mashabai, I. (2020). Analisa Pengendalian Kualitas Produksi Dengan Menggunakan Metode Seven Tools Quality Di PT. Borsya Cipta Communica. Jurnal Industri & Teknologi Samawa, 1(1), 17-21.

Saputra, A. E., & Mahbubah, N. A. (2021). Analisis Seven Tools Pada Pengendalian Kualitas Proses Vulkanisir Ban 1000 Ring 20 di CV Citra Buana Mandiri Surabaya. STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), 5(3), 252-262.

Suharyanto, S., Herlina, R. L., & Mulyana, A. (2022). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Waring Dengan Metode Seven Tools Di Cv. Kas Sumedang. Jurnal TEDC, 16(1), 37-49.

Ulkhaq, M. M., Pramono, S. N., & Halim, R. (2017). Aplikasi seven tools untuk mengurangi cacat produk pada Mesin Communite di PT. Masscom Graphy, Semarang. Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri, 11(3), 328346.

Wahyuni, H. C., & Sulistiyowati, W. (2020). Buku Ajar Pengendalian Kualitas Industri Manufaktur Dan Jasa. Umsida Press, 1-116.

Wisnubroto, P., Oesman, T. I., & Kusniawan, W. (2018). Pengendalian Kualitas Terhadap Produk Cacat Menggunakan Metode Seven Tool Guna Meningkatkan Produktivitas di CV. Madani Plast Solo. Industrial Engineering Journal of The University of Sarjanawiyata Tamansiswa, 2(2).

Downloads

Published

2022-03-09