PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA MENGGUNAKAN METODE HAZARD AND OPERABILITY STUDY DAN JOB HAZARD ANALYSIS UNTUK MENGURANGI RESIKO KECELAKAAN DALAM PENGERJAAN SPECIAL LIGHTING DI PT. ANDROMEDA LIGHTING

Authors

  • Muhammad Ilham Febtrisda Universitas Pamulang
  • Wakhit Ahmad Fahrudin Universitas Pamulang
  • Supriyono Supriyono Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/tkg.v5i1.31595

Keywords:

K3, HazOp, JHA

Abstract

Untuk mengurangi kecelakaan kerja dalam pengerjaan special lighting, pekerja/teknisi di wajibkan menerapkan sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang sesuai dengan aturan pemerintah guna meningkatkan perlindungan terhadap tenaga kerja di sebuah perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sumber bahaya dan risiko dari sumber bahaya tersebut. Metode Hazard And Operability Study berguna untuk mengetahui sumber bahaya yang terjadi serta mengetahui tingkatan risiko dan juga untuk mengetahui langkah apa yang akan dilakukan agar terhindar dari bahaya dengan menggunakan metode Job Hazard Analysis dan Job Safety Analysis. Hasil penelitian menggunakan metode Hazard And Operability Study terdapat beberapa sumber bahaya yang terjadi pada saat pengerjaan Special Lighting seperti ada kabel bertegangan, memakai tangga yang tidak baik, terkena puing baja ringan dan kebodohan pekerja. Berdasarkan hasil perhitungan dari likelihood dan severity, didapatkan nilai tinggi yaitu terjatuh dari ketinggian 6-10m, tejatuh dari rooftop dan mata gerinda terkena tangan.

References

Candrianto. (2020). Pengenalan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (I). Literasi Nusantara.

Dwisetiono & Johin D.V. (2022). Analisis Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Proses Perbaikan Kapal Di PT. DOCK dan Perkapalan Surabaya Menggunakan Metode Hirarc (Hazard Identification,Risk, Assessment and Risk Control) Jurnal Teknik dan Sains Universitas Teknologi Sumbawa.

Felix, A, T, L. (2021). Analisis Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Dengan Metode Hazop Pada PT Tales Inti Sawit Bangun Purba. Karya Ilmiah Mahasiswa Universitas Medan Area.

Fridayanti, N., & Kusumasmoro, R. (2016, Juni). Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja. JURNAL ADMINISTRASI KANTOR, 4, 211-234.

Handoko, A. (2017). Implementasi Pengendalian Kualitas dengan Menggunakan Pendekatan PDCA dan Seven Tools pada PT. Rosandex Putra Perkasa Di Surabaya Calyptra Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya.

Hidayatullah, A., & Tjahjawati, S. S. (2017). Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. Jurnal Riset Bisnis & Investasi, 3. https://media.neliti.com/media/publications/281718-pengaruh-keselamatandan- kesehatan- kerja-caf3e6dd.pdf.

Larasati, S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. CV Budi Utama..

Muchlisin Riadi. (2022). Pengertian, Tujuan, Metode Dan Tahapan Job Safety Analysis. KajianPustaka.Com.

Rizqiyatul Utami. (2019). Analisis Potensi Bahaya Dengan Metode JSA Pada Pekerjaan PPSU Di Kelurahan Cempaka Putih Jakarta Timur. Karya Ilmiah Mahasiswa Universitas Binawan.

Sihombing, D., Walangitan, D., & Pratasis, P. (2014, maret). IMPLEMETASI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3). Jurnal Sipil Statik, 2, 124-130.

Simbolon, J., & Nuridin. (2017). Pengaruh K3 Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Dwi Lestari Nusantara. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana,https://ojs.ekonomiunkris.ac.id/index.php/JMBK/article/vi ew/115.

Sindu Setiaji Swastawan. (2018). Analisis Potensi Bahaya Dan Perbaikan Sistem Keselamatan Dan Kesehatan Dengan Metode HIRARC. Karya Ilmiah Mahasiswa Universitas Brawijaya.

Sumolang, A. (2018). Analisis Potensi Bahaya Dengan Menggunakan Metode Job Safety Analysis Pada Pekerja Proyek Pembongkaran Bekisting PT. Adhi Karya. Jurnal Online. Volume 7, No 2, http://ejournalhealth.com.

Supriyono. (2021). Mengenali Proses Bisnis Dengan Coaching Potensi SDM Melalui Pelatihan 5W1H Pada Pelaku Usaha Di Desa Cijengkol. DIBRATA JURNAL VOL 2 NOMOR 1, AGUSTUS 2021. ISSN : 2776 – 3943. Pembimbing 2.

Wakhit Ahmad Fahrudin. (2018). Analisis Keefektifitas Mesin Bubut Konvensional Sebagai Usulan Perbikan Dalam Penerapan Total Productive Maintenance Di PT. Xintai Indonesia. JITMI Vol.1 Nomor 2 Oktober2018. ISSN : 2620–5793. Pembimbing 1.

Widodo, D. S. (2021). Keselamatan & Kesehatan Kerja Manajemen & Implementasi di Tempat Kerja (I). Penebar Media Pustaka.

Widodo, W., & Prabowo, C. H. (2018). Pengaruh Kesehatan Dan Keselamatan Kerja ( K3 ) Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pt Rickstar Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana,6(3). https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i3.224.

Widi, A, S. (2017). Analisis Keselamatan dan Kesehatan Kerja Dengan Metode Hazard And Operability (HazOp) Di Bengkel Dan Laboratorium Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN2 Wonosari, Karya Ilmiah Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta.

Zulfikar Ahsanur Rahman. (2018). Analisa Risiko Menggunakan Job Safety Analysis (JSA) dengan pendekatan Hazard Identification, Risk Assesment And Risk Control (HIRARC) Pada Proses Pengelasan Di Unit Fabrikasi PT Swadaya Graha Gresik, Jawa Timur.

Downloads

Published

2022-03-27