ANALISIS KEANDALAN DAN RANCANGAN PERAWATAN PADA TOOL AIR DATA TEST SET DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) DI PT. BATAM AERO TECHNIC

Authors

  • Muhammad Ibnu Maulana Akbar Universitas Pamulang
  • Taufik Taufik Universitas Pamulang
  • Rully Nur Dewanti Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/tkg.v6i1.33366

Keywords:

RCM, Keandalan, Rancangan Perawatan

Abstract

Air Data Test Set (ADTS) adalah salah satu special tool yang digunakan dalam perawatan pesawat yang berfungsi untuk testing air data system, altimeter check, dan airspeed check. Dengan fungsi yang begitu krusial, akurasi dan keandalan dari Tool Air Data Test Set harus dijaga agar selalu tetap dalam kondisi yang baik. Mengingat begitu pentingnya peran Tool ADTS, maka dilakukan penelitian analisis keandalan dan rancangan perawatan yang tepat menggunakan metode Reliability Centered Maintenance (RCM). Penelitian dengan metode RCM secara umum dibagi menjadi dua yaitu secara kualitatif dan kuantitatif. Analisa kualitatif terdiri dari System Function and Function Failure, Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), dan Logic Tree Analysis (LTA). Sedangkan analisa kuantitatif terdiri dari penentuan distribusi terhadap perhitungan Time to Failure (TTF) dan Mean Time to Failure (MTTF) menggunakan software Minitab 16, serta perhitungan Reliability. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat empat komponen kritis yaitu Main Board, Pressure/Vacuum Pump, Solenoid Board Assy, dan Static Transducer dengan hasil perhitungan keandalan masih rendah. Rancangan perawatan Tool ADTS untuk meningkatkan keandalan yaitu Preventive Maintenance dengan jadwal setiap 310 hari untuk Pressure/Vacuum Pump, setiap 50 hari untuk Main Board dan Static Transducer, serta setiap 70 hari untuk Solenoid Board Assy.

References

Ebeling, C., E. (1997). An Introduction to Reliability and Maintainability Engineering. McGraw-Hill, Singapore.

Heri Iswanto, A. (2008). Manajemen Pemeliharaan Mesin-Mesin Produksi. USU e-Repository.

IAEA. (2008). Application of Reliability Centred Maintenance to Optimize Operation and Maintenance in Nuclear Power Plants. International Atomic Energy Agency, Austria.

Kristanto, G. (2010). Maintain The Precision of Tools. PENITY: GMF Aero Asia.

LAVERSAB. (2016). MODEL 6300 Rev.H User's Manual. Texas: Laversab, Inc. Doc. No. 125-9106A.

Moubray, J. (1997). Reliability Centered Maintenance 2nd edition. New York: Industrial Press Inc.

Mufarikhah, N. (2016). Studi Implementasi RCM Untuk Peningkatan Produktivitas Dok Apung (Studi Kasus: PT. Dok dan Perkapalan Surabaya). Program Studi Sarjana Teknik Perkapalan Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Nurdewanti, R. (2022). Implementasi Metode Failure Mode Effect and Analysis (FMEA) Dengan Konsep PDCA Untuk Mengurangi Defect Produk Cokelat White Compound di PT. XYZ. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, Volume 7 Nomer 2.

O'Connor, P., D., T., & Kleyner, A. (2012). Practical Reliability Engineering (Fifth Edition). UK: John Wiley & Sons, Ltd.

Smith, A. (1992). Reliability Centered Maintenance. McGraw-Hill, Singapore.

Smith, A., & Hinchcliffe, G., R. (2004). RCM Gateway to World Class Maintenance. USA: Elsevier, Inc.

Soesatijono, & Darsin, M. (2021). Literature Studies on Maintenance Management. JEMME, Vol.6 No.1.

Sunaryo, Japri, Yuhelson, & Hakim, L. (2021). Implementasi RCM pada Mesin Diesel Deutz 20 kVA. TURBO: Jurnal Program Studi Teknik Mesin UM Metro, Vol.10 No.1.

Utama, F., Y. (2012). Pemodelan dan Simulasi Reliability Komponen Pesawat Terbang Tipe Boeing 737-300/-400 di PT. Merpati Nusantara Airlines. Program Studi Magister Teknologi Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Downloads

Published

2023-08-15