RANCANG BANGUN PROTOTYPE ALAT DETEKSI GETARAN

Authors

  • Iip Muhlisin Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/teknologi.v2i1.3903

Keywords:

Analisis Getaran, Fast Fourier Transform, Tidak seimbang, Analisis Spektrum

Abstract

Getaran ditemukan hampir di semua tempat pada mesin berputar. Mesin berputar bergetar karena ketidakseimbangan, ketidaksejajaran, dan bagian yang tidak sempurna. Pendekatan analitik telah menunjukkan bahwa pemantauan getaran memiliki potensi luar biasa dalam mendeteksi dan melokalisasi cacat pada mesin. Kecepatan getaran dan beban getaran akan diukur pada kecepatan yang berbeda menggunakan FFT (Fast Fourier Transform) pada kondisi awal. Berdasarkan analisis spektrum pembacaan getaran dan analisis fase dilakukan untuk menentukan penyebab getaran tinggi. Dengan mengamati spektrum ketidakseimbangan akan diidentifikasi. Kemudian Rotor seimbang dan menemukan bahwa getaran berkurang. Spektrum frekuensi eksperimental diperoleh untuk kondisi seimbang dan tidak seimbang di bawah gaya tidak seimbang yang berbeda pada kondisi kecepatan yang berbeda. Dalam proyek penelitian eksperimental ini, struktur getaran dibangun dalam model skala untuk mensimulasikan getaran dan untuk memantau kinerja sistem dalam hal tingkat getaran dalam kasus rotasi dengan kondisi seimbang dan tidak seimbang. Dalam model berskala ini, sinyal output dari sensor getaran diproses dalam mikrokontroler dan kemudian ditransfer ke komputer. Hasil akhir aktual dari analisis getaran akan diberikan setelah menyelesaikan tes analisis getaran selama berlangsungnya tesis MEE, oleh karena itu hasil grafik pada makalah ini hanya didasarkan pada teori saja.

Author Biography

Iip Muhlisin, Universitas Pamulang

Teknik Industri, Universitas Pamulang

References

C. Scheffer and Paresh Girdhar, Practical Machinery Vibration Analysis and Predictive Maintenance, Newnes-Elsevier, Oxford 2004.

Ebersbach, Z. Peng and N. J. Kessissoglou, “The investigation of the condition and faults of a spur gearbox.

International Standard, Mechanical Vibration, ISO 2003.

Muhlisin, Iip: Developping Vibration Monitoring System For A Model Cylinder Rotating Machine Using Fast Fourier Transform.

Mok Goh , Yoke SanWong and Geok Soon Hong “ Intelligent Prediction Monitoring System for Predictive Maintenance in Manufacturing,†Proceedings of the 31st Annual Conference of the IEEE Industrial Electronics Society -IECON’05, North Carolina, USA, 6-10 Nov 2005.

Peng Z., Kessissoglou N., "An integrated approach to fault diagnosis of machinery using wear debris and vibration analysis", Elsevier, Wear 255 (2003), 1221–1232.

Peter Tavner, Li Ran, Jim Penman and Howard Sedding, Condition Monitoring of Rotating Electrical Machines, IET Power and Energy Series, London, UK, 2008.

S. using vibration and wear debris analysis techniques,†Wear 260 (2006), Page(s): 16-24.

VDI 2056: Standards of Evaluation for Mechanical Vibration of machine.

Zulziar, M. (2018). ANALISA MATERIAL BAHAN PEMBUAT SENSOR La0. 67Ba0. 33Mn1-xNixO3 DENGAN PENAMBAHAN Ni MENGGUNAKAN FOUR POINT PROBE. TEKNOLOGI: Jurnal Ilmiah dan Teknologi, 1(1), 1-9.

Downloads

Published

2020-01-04

Issue

Section

Articles