ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK ROKOK CAMEL MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINEAR BERGANDADI PT. JAPAN TOBACCO INTERNASIONAL

Authors

  • Ahmad Nur Cahyo Universitas Pamulang
  • Anthon Rudy Wardiyanto Universitas Pamulang
  • Khairunnisa Universitas Pamulang

Abstract

PT. Japan Tobacco Internasional adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang distributor produk rokok. Pada bulan Oktober 2021 baru saja launching produk camel mild intense blue, hingga bulan Mei 2022 produk tersebut mengalami penjualan yang fluktuatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap peningkatan penjualan pada produk rokok camel di PT. Japan Tobacco Internasional. Bauran promosi adalah kombinasi dari unsur-unsur peralatan promosi yang terdiri dari iklan, promosi penjualan, penjualan personal dan publisitas. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dimana teknik pengumpulan data berdasarkan kuesioner dari 100 orang responden. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda dapat dibuat persamaan regresi yaitu nilai konstanta (a) sebesar – 0,292, nilai koefisien variabel iklan (X1) yaitu 0,524, nilai koefisien variabel promosi penjualan (X2) yaitu 0,492, nilai koefisien variabel personal selling (X3) yaitu 0,293. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ketiga variabel bebas yaitu iklan (X1), promosi penjualan (X2) dan personal selling (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu peningkatan penjualan (Y). Variabel iklan (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel peningkatan penjualan (Y) sebesar 0,524%, variabel promosi penjualan (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel peningkatan penjualan (Y) sebesar 0,492%, variabel personal selling (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel peningkatan penjualan (Y) sebesar 0,293%.

Downloads

Published

2023-03-15