ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS TERHADAP PACKAGING PADA PRODUK SIMCARD DENGAN METODE NEW SEVEN TOOLS DI PT. KOPERASI TELEKOMUNIKASI SELULER
Abstract
Koperasi Telekomunikasi Seluler perusahaan yang bergerak dibidang jasa penjualan dan distribusi, layanan umum serta layanan infrastruktur telekomunikasi (telco) sangat memperhatikan kualitas produknya. Namun terdapat reject produk yang dihadapi perusahaan sebesar 16% pada packaging simcard dalam 4 tahun terakhir sehingga mempengaruhi standar kualitas produk yang seharusnya dibawah 5%. Hal ini memerlukan pengendalian kualitas, pengendalian kualitas merupakan suatu kegiatan yang dilakukan agar produk memiliki kesesuaian dengan standar yang telah ditetapkan. Oleh sebab itu, untuk mengetahui penyebab reject produk dan memperbaiki kualitas produk, penelitian ini menggunakan metode New Seven Tools yang terdiri dari beberapa tahapan, antara lain Affinity Diagram, Relationship Diagram, Matrix Diagram, Matrix Data Analysis, dan Process Decision Program Chart. Berdasarkan hasil analisa menggunakan New Seven Tools diperoleh faktor penyebab kecacatan pada packaging simcard berasal dari faktor manusia, faktor inventory, faktor metode, dan faktor lingkungan. Sehingga saran perbaikan yang dapat dilakukan adalah melakukan pelatihan dan memperbaiki serta mensosialisasikan SOP di setiap divisi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fakultas Teknik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.