ANALISIS KELAYAKAN USAHA COKELAT PRALINE DENGAN METODE CAPITAL BUDGETING DI TOKO KUE BAPER COKELAT PAMULANG
DOI:
https://doi.org/10.32493/teknologi.v2i2.7895Keywords:
Kewirausahaan, Studi Kelayakan, Cokelat Praline, Capital BudgetingAbstract
Toko Kue Baper Cokelat merupakan salah satu bentuk usaha perorangan yang salah satu produk andalannya adalah cokelat praline. Pada penelitian ini penulis membahas mengenai kelayakan usaha cokelat praline pada aspek pemasaran, teknis dan keuangan. Penulis menganalisa data keuangan toko dalam periode Januari 2018 sampai dengan Desember 2018. Metode yang digunakan adalah Capital Budgeting. Dari hasil analisa dalam periode Januari sampai dengan Desember 2018, didapat hasil usaha cokelat praline pantas dijalankan. Mengacu pada perhitungan Tingkat Pengembalian rata-rata (ARR) didapatkan nilai 132,09% lebih besar daripada tingkat cost of capital 7,37%, Net Present Value (NPV) positif bernilai Rp 216,643,572.14, Profitability Index diperoleh nilai 3,13 sesuai persyaratan harus lebih dari 1 ,Tingkat pengembalian Investasi (IRR) menghasilkan nilai 23,06% lebih besar dari tingkat suku bunga terendah 5,75%, Periode Pengembalian Investasi didapatkan hasil pengembalian dalam jangka waktu 3 tahun 2 bulan 13 hari.
References
Aditya,S.dkk (2014). Analisis
Kelayakan Usaha Lemari/Rak
Simple and Easy
Delivery Di Kecamatan
Cikarang, Jurnal Teknik Industri,
Institut Teknologi Nasional.
Alma,Buchori (2010). Pengantar
Bisnis, Penerbit Alfabeta,
Bandung.
Busro, M.(2017). Studi Kelayakan
Bisnis,Penerbit Graha Ilmu,
Jakarta.
Erliana C.I.(2015).Bahan Ajar Analisis
dan Pengukuran Kerja. Penerbit
Universitas Malikussaleh,Aceh.
Huda,F.H.(2014). Studi Kelayakan
Pendirian Industri Tepung
Singkong Modifikasi (Mocaf) Di
Kabupaten Bogor, Jurnal
Teknologi Industri Pertanian,
Institut Pertanian Bogor.
Hurriyati,R.I. (2015). Bauran
Pemasaran & Loyalitas
Konsumen, Penerbit Alfabeta,
Bandung.
Irawan,S.(2014). Manajemen
Pemasaran Modern, Penerbit
Prenada Media Group,Yogyakarta.
Kasmir, (2017). Studi Kelayakan
Bisnis, Penerbit Prenada Media
Group,Yogyakarta.
Kertajaya,H.dkk.(2016). Syariah
Marketing, Penerbit Mizan,
Bandung.
Khotimah, H.dkk.(2014). Analisis
Kelayakan Finansial Usaha
Budidaya Bambu,Jurnal Ilmu
Kehutanan, Pusat Peningkatan
Produktivitas Hutan,
Badan Penelitian, Pengembangan,
dan Inovasi Kementerian
Lingkungan Hidup dan
Kehutanan.
Kotler, (2009). Marketing, Penerbit
Erlangga, Jakarta.
Naryoto, P.dkk.(2014). “Analisis Studi
Kelayakan Pendirian Usaha
“Minuman Segar Jus Buah Dan
Pop Ice†di Ciledug Ditinjau dari
Capital Budgeting Periode Tahun
– 2018, Jurnal Ekonomi,
Universitas Budi Luhur.
Rangkuti, Freddy. (2013). Analisis
SWOT. Penerbit Gramedia
Pustaka, Jakarta
Riyanto, Bambang.(2010).Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaa Ed.4,Penerbit
BPFE, Yogyakarta.
Sinaga,D (2016)
Kewirausahaan:Pedoman praktis
untuk Kalangan Profesi dan
Mahasiswa,Penerbit Alfabeta,
Bandung.
Suratmono, (2017).Pedoman
Cokelat.Direktorat Standardisasi
Produk Pangan, Jakarta.
Sutalaksana,I.Z.(2006) Teknik
Perancangan Sistem Kerja,
Penerbit ITB, Bandung
Tjiptono,Fandy. (2016). Strategi Pemasaran, Penerbit Andi Yogyakarta.
Yuniarta,G.A.dkk(2015). Kewirausahan
dan Aspek-Aspek Studi
Kelayakan Usaha, Penerbit Graha
Ilmu, Jakarta.
http://www.bps.go.id , diakses pada tanggal 18 Oktober 2018, pukul 14:35