Memaksimalkan Omset Dan Keuntungan Penjualan Melalui Sistem Pemasaran Digital Oleh Para Pelaku UMKM di Wilayah Kecamatan Serpong
Keywords:
Produk, UMKM, Pelaku Usaha, MSDMAbstract
Salah satu upaya pemasaran tersebut adalah dengan cara mendigitalkan atau digitalisasi pemasaran produk-produk UMKM oleh pelaku UMKM. Secara mudahnya, di zaman dengan teknologi yang semakin canggih telah memudahkan para pelaku usaha dalam memasarkan dan menjual produk-produknya secara online. Pelaku usaha dapat memasarkan produknya di media-media sosial bahkan dengan memberikan informasi titik lokasi pada maps yang tersedia di media sosial, sehingga memudahkan customer untuk datang langsung ke lokasi. Sebagian pelaku usaha juga sudah tidak memerlukan lagi lapak dagangan, karena perubahan cara penjualan melalui media sosial dan ecommerce sebagai ruang baru dan Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis ilmu manajemen pemasaran dalam pengembangan kegiatan pemasaran yang dilakukan para pelaku UMKM yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai manajemen, pengelolaan keuangan, pemasaran produk dan penerapan MSDM dalam pengembangan kegiatan produktif yang dilakukan para pelaku UMKM yang berdampak pada kesejahteraan masyarakatReferences
Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM. Duta.Com: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi, 9(1), 44.
Alfin, A. (2021). Analisis Strategi UMKM Dalam Menghadapi Krisis di Era Pandemi Covid-19. JIP (Jurnal Inovasi Penelitian), 1(8), 1544. doi: https://doi.org/10.47492/jip.v1i8.280.
Alfrian, G. R., & Pitaloka, E. (2020). Strategi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Bertahan Pada Kondisi Pandemik Covid 19 di Indonesia. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 140.
Ermaya, H. N., & Fahria, R. (2019). Pemberdayaan Pelaku UMKM di Kota Tangerang Selatan Melalui Perhitungan Penetapan Biaya Produk. Sabdamas, 1(1), 33.
Downloads
Published
2023-01-03
Issue
Section
Articles