Strategi Keuangan Untuk Pelaku UMKM Agar Terhindar Dari Pinjaman Online Yang Bermoduskan Pinjaman Modal Usaha

Authors

  • Marinus Gea Universitas Pamulang
  • Moses Moses Universitas Pamulang
  • Jeny Kristiani Gea Universitas Pamulang
  • Firman Tatarianto Universitas Pamulang
  • Sahroni Sahroni Universitas Pamulang

Keywords:

UMKM, Keuangan, pinjaman, modal usaha

Abstract

Pengabdian ini berjudul “Strategi Keuangan Untuk Pelaku UMKM Agar Terhindar Dari Pinjaman Online Yang Bermoduskan Pinjaman Modal Usaha†di Kelurahan Lengkong Gudang Timur Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah mengedukasi pelaku UMKM di kecamatan Serpong tentang dampak-dampak yang timbul akibat melakukan peminjaman modal usaha di plaform peminjaman berbasis online serta optimalisasi UMKM dengan penerapan konsep-konsep ilmu manajemen dalam hal keuangan.  Metode yang digunakan ada tiga yakni perkunjungan, sosialisasi dan Pelatihan. Kesimpulan dari pengabdian  kepada masyakat ini adalah perlu adanya perhatian lebih untuk pelaku UMKM dalam hal edukasi keuangan dan modal usaha, serta pelatihan yang berkesinambungan untuk membina UMKM agar bisa berkembang dan teratur dalam mengelolaan pembukuan keuangan usaha..

References

M. Kwartono (2009) Kiat sukses berburu modal UMKM. Raih asa sukses

Rahmawati Devi, Lumakto Giri, Amelia Rizki, dkk Modul Pinjaman Online,. Depok: Program Studi Hubungan Masyarakat Program Vokasi Universitas Indonesia, Depok.

Silitonga, Parlagutan (2017) Manajemen UMKM dan sumber daya manusia. Yogyakarta@andi.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/03/ini-10-provinsi-dengan-nasabah-pinjol-terbanyak-pada-agustus-2022

https://www.merdeka.com/perbankan/tips-jitu-agar-pengajuan-pinjaman-modal-usaha-disetujui-bank.html.

Published

2023-03-28

Issue

Section

Articles