Penyuluhan Perihal Mekanisme Dan Proses Pemilihan Ketua Organisasi Kesiswaan Yang Berazaskan Demokrasi Dan Nilai-Nilai Islam

Authors

  • Aep Saepul Anwar Universitas Sutomo
  • Zakaria Habib Al-Ra’zie Universitas Sutomo
  • Heru Wahyudi Universitas Sutomo
  • Yohanes Oci Universitas Sutomo

Keywords:

Pendidikan, demokrasi, kesiswaan, nilai-nilai Islam

Abstract

Tujuan dari tulisan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada siswa terkait dalam hal system pemilihan ketua organisasi kesiswaan yang berazaskan demokrasi dan nilai-nilai keislam,an di SMK Pasundan 1 Kota Serang. Adapun metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dimana melakukan observasi dengan mengunjungi SMK Pasundan 1 Kota Serang yang beralokasi di Jl. Raya Jakarta Km. 03 Pakupatan Kota Serang-Banten dan memberikan pembinaan mulai pada tanggal  23-25 Nopember 2022. Pembinaan  ini bertujuan agar  generasi muda yang rata-rata masih usia sekolah dapat memahami pentingnya pemilihan seorang pemimpin baik dalam pandangan negara maupun agama. Pemilihan ketua organisasi dapat dilakukan secara demokrasi yang tidak terlepas dari nilai-nilai keislaman. Sebab pendidikan demokrasi sebuah keniscayaan bagi institusi pendidikan untuk menumbuhkan rasa cinta budaya dan nilai-nilai luhur demokrasi kepada peserta didik.  Melalui pembelajaran Agama Islam tidak terlepas dari ayat kauniyah dan quraniyah  yang membahas begitu pentingnya sistem pemilihan atau pengangkatan seorang pemimpin, maka demokrasi dalam perspektif Islam tidak terlepas dari prinsip dan nilai-nilai budaya demokrasi menuju demokrasi deliberatif. Hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah bertambahnya  keilmuan dan pemahaman siswa SMK Pasundan 1 Kota Serang, khususnya di bidang keorganisasian kesiswaan dalam hal penyuluhan perihal sistem dan proses pemilihan ketua orgaanisasi yang berdasarkan pada demokrasi dan nilai-nilai keislaman. Ilmu yang diperoleh pada kegiatan ini diharapkan mampu memberikan semangat dalam menyampaikan pengetahuan dan memberikan motivasi serta berkontribusi bagi siswa di lingkungan sekolah, masyarakat maupun negara.

References

Aryani, Ine Kusuma Markum Susatim. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai. Bogor : Ghalia Indonesia.

Azra, Azyumardi. 2015. Pancasila Demokrasi dan Pencegahan Korupsi. Jakarta : Prenamedia Group.

Budiarti, Amalia Putri. 2017. Implementasi Nilai-nilai Demokrasi Dalam Pemilihan Ketua OSIS Di SMP Negeri 38 Semarang Tahun 2016. Skripsi (hal. 10) : Universitas Negeri Semarang.

Hanun & Setyowati. 2013. Strategi Penanaman Nilai-nilai Demokrasi Pada Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lamongan. Kajian Moral dan Kewarganegaraan Vol. 1 No.3.

Mantja, 2007. Profesionalisasi Tenaga Kependidikan. Malang:Elangemas.

Sagala, Syaiful. 2013. Memahami organisasi pendidikan Budaya dan Reinventing organisasi pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Sukarno. 2013. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Suyahmo. 2015. Demokrasi dan Hak Asasi Manusia. Yogyakarta : Magnum Pustaka Utama.

Published

2023-03-28

Issue

Section

Articles