Pilihan Investasi Yang Cocok Bagi Pemula, Pada Pekerja Migran Indonesia Di Hongkong

Authors

  • Irna Maya Sari Universitas Sutomo
  • Iroh Rahmawati Universitas Sutomo

Keywords:

Investasi, Resesi, Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)

Abstract

Investasi adalah komitmen atas sejumlah dana atau sumber daya lainnya yang dilakukan pada saat ini, dengan tujuan memperoleh sejumlah keuntungan dimasa datang. Sehingga literasi yang baik harus dimiliki agar dapat berinvestasi di instrument yang tepat sesuai dengan kebutuhan setiap individu. Macam macam bentuk investasi dapat dipilih, ada investasi aset rill seperti property tanah bangunan ataupun emas, adapula investasi di asset keuangan seperti saham, obligasi, deposito. Sehingga pemilihan property dengan dampak dan resiko nya masing masing harus di ketahui, sehingga tidak salah memilih dan pengambilan keputusan. Selain memperoleh keuntunga, tujuan berinvestasi adalah guna memiliki pendapatan tambahan yang jika suatu saaat active income kita sedang terancam. Seperti hal nya kondisi ekonomi dunia saat ini, paska covid 19 yang melanda dunia, membuat produktivitas dunia melambat, tentu di barengi juga denga pertumbuhan ekonomi melambat, disusul dengan kondisi yang terjadi di benua eropa dimana terdapat invasi rusia ke ukraina yang ternyata berdampak terhadap perekonomian lebih khusus ke krisis pangan yang memang dampak nya dirasakan di seluruh dunia baik Indonesia maupun hongkong. Untuk itu kami tim pengabdi sangat antusias dengan tema PKM kali ini, dimana peserta nya adalah para pekerja migran Indonesia yang terdapat di hongkong dimana seharusnya para pekerja migran bisa memanfaatkan peluang untuk menyisihkan sebagian active income nya ke instrument investasi yang tepat. Dan dalam pengabdian ini juga dijelaskan hbagaimana pemilihan instrument investasi di masa masa krisis resesi yang di ramalkan akan terjadi di tahun 2023.

References

Agung Dharmawan, Destria kurniawati, Dewi Susita, Ramli, Amelia Sholehah. 2022 “Peningkatan Literasi Keuangan Untuk pekerja Migran di Taiwanâ€

Alvian Baharudin, Dedi Suselo.2021†Determinasi Resesi Ekonomi Indonesia Dimasa Pandemi Covid 19.

Asah Wiari Sidiq, Citra Rizkiana, Teti Susilowati. 2022†Pengenalan pasar modal Sebagai salah Satu bentuk Investasi bagi Mahasiswa Semester Terkahir Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang.

Chairul Nizar, Abubakar Hamzah, Sofyan Syahnur, Pengaruh Investasi dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Serta Hubungannya Terhadap Tingkat Kemiskinan di Indonesia.

Elok Karerina, Bagas Arya Wiguna, Ahmad Ilham Suhaemy.2020 “ Reaksi Pasar Modal Terhadap Pengumuman Resesi Ekonomi Indonesia 2020.

Muhammad Balkan, Aditya Pradana, Sarah Safitri.2015†Solusi Meningkatkan Perekonomian Indonesia dengan peningkatan Jumlah Investor Lokal.

Negah Sudjana.2008†Pasar Keuangan Pada Masa Resesi Studi Kasus Pada pasar Indonesia.

Selena Riri Blandina, Alvian Noor Fitriani, Wulan Septiyani. 2020†Strategi Menghindarkan Indonesia dari Ancaman Resesi Ekonomi Di masa Pandemi.

Published

2023-03-28

Issue

Section

Articles