Sosialisasi Literasi Keuangan Ibu-Ibu Pkk Sebagai Upaya Peningkatan Manajemen Resiko Keuangan Keluarga Di Kp. Lengkong Barang Desa Iwul Kecamatan Parung Bogor

Authors

  • Lamsah Lamsah Universitas Pamulang
  • Edi Muhamad Hidayat Universitas Pamulang
  • Erimina Halawa Universitas Pamulang
  • Novita Sari Universitas Pamulang
  • Erly Nur Awalia Universitas Pamulang
  • Suripto Suripto Universitas Pamulang

Keywords:

Literasi Keuangan, Manajemen Resiko

Abstract

Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai dan dilakukan oleh setiap perguruan tinggi di Indonesia. Perguruan Tinggi selayaknya melahirkan para pemuda atau orang-orang terpelajar yang memiliki semangat tinggi, pemikiran yang kreatif, mandiri, inovatif agar dapat membangun bangsa di berbagai sektor sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Salah satu Tri Dharma Perguruan tinggi yang telah dilaksanakan adalah Pengabdian Kepada Masyarakat. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah selain untuk memenuhi kewajiban sebagai seorang mahasiswa juga untuk menambah bekal pengetahuan yang memadai dan dapat di implementasikan ke dalam perilaku nyata. Kegiatan ini dilakukan dalam upaya membantu membangun ketahanan ekonomi keluarga dan membantu pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan, yang merupakan salah target dari pembangunan berkelanjutan (Sustainability Development) yang memerlukan dukungan semua pihak. Metode yang digunakan pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai literasi keuangan dan manajemen resiko. Hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah bertambahnya keilmuan dan keterampilan Ibu PKK Desa Iwul, khususnya di bidang upaya peningkatan manajemen resiko keuangan keluarga. Ilmu yang didapatkan pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diharapkan mampu membuat ibu-ibu PKK lebih cakap dalam mengelola keuangan keluarga, serta bisa memimimalisir resiko keuangan yang akan terjadi di kemudian hari.

References

Arif Sumantri. 2011. Metode Penelitian Kesehatan. Edisi pertama. Jakarta:

Kencana.

Gitman, Lawrence, J. 2015. Principles of Manajerial Finance. International Edition, 10th edition, Pearson Education, Baston.

Ida Kurnia Putri. 2016. Perencanaan Keuangan Pada Mahasiswa Ekonomi Islam Di Yogyakarta. JIE Lariba Vol. 2 (1).

Ibrahim, A. M. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian dan Kebijakan Pemerintah Indonesia. Diambil 2 Juni 2020, dari Https://sukabumiupdate.com/website: https://sukabumiupdate.com/detail/bale-warga/opini/68505-DampakCovid-19-Terhadap- Perekonomian-dan- Kebijakan-Pemerintah-Indonesia.

Ismail, Gopar. Perencanaan Keuangan Keluarga. OJK.

Ridwan, M. 2015. The Handbook of Family Financial Planning. Febi UIN-SU Press. Medan.

Subiaktono. 2013. Pengaruh Personality Traits Terhadap Perencanaan Keuangan Keluarga. Jurnal Dinamika Manajemen, 4 (2) 2013, 149-160. https://jdm.unnes.ac.id

Published

2023-03-28

Issue

Section

Articles