Pemahaman Dan Implementasi Teknologi Internet Of Things (Iot) Melalui Simulasi Lampu Led-E14 Sebagai Persiapan Dalam Menghadapi Dunia Kerja Di Ma Al-Khairiyah Pipitan-Serang

Authors

  • Ade Sumaedi Universitas Pamulang
  • Amin Widodo Universitas Pamulang
  • Eva Hendrawati Universitas Pamulang

Keywords:

Teknologi Digital, Internet of Things (IoT), PKM

Abstract

Kemajuan teknologi Internet of Things (IoT) yang sangat pesat saat ini berkembang di seluruh dunia terutama di Indonesia, dari perkembangan dan kemajuan tersebut Siswa-siswi MA Al Khairiyah Pipitan yang beralamat di Jl.ciruas Walantaka Km.2 Kel..Pipitan Kec. Walantaka Kota Serang Banten diorientasikan untuk dapat mengidentifikasi dan mengembangkan kemampuan, baik soft skill maupun hard skill yang dibutuhkan di industri jasa dan manufaktur untuk bersaing dalam pengembangan karis sebagi lulusan baru atau fresh graduate. Dalam Strateginya Sekolah Menengah Atas atau dalam hal ini  MA Al Khairiyah Pipitan adalah harapan pemerintah dan masyarakat sebagai langkah penanganan awal, menangani masalah pengangguran yang semakin meningkat di indonesia terutama pada daerah-daerah khususnya daerah  Kota Serang-Banten. Peserta dalam PKM ini khususnya yaitu kelas XII yang memiliki ekstra kurikuler komputer dan tentu mendapatkan pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di sekolahnya, dari hasil wawancara yang dilakukan oleh tim PKM kepada pihak sekolah didapatkan fakta bahwa di dalam lingkungan sekolah belum pernah diperkenalkan teknologi Internet of Things. Khalayak target sasaran ditujukan bagi Siswa Kelas XI sebanyak 60 orang. Metode yang digunakan dalam PKM ini dalam bentuk seminar atau ceramah nantinya akan berlangsung selama ± 4 jam dan mengenai pelaksanaan pengabdian masyarakat ini estimasi pada Tanggal 04 Februari 2023. Hasil yang dicapai dari kegiatan PKM ini adalah peningkatan kemampuan ke 47 siswa/i MA Al Khairiyah Pipitan yang hadir atau (78.33%) dari target 60 siswa yaitu untuk memahami konsep IoT dan implementasi PKM. Selanjutnya target dari luaran hasil PKM ini adalah publikasi di Jurnal Nasional dan Rancang Bangun (Prototype) hasil Perancangan Otomatisasi Lampu LED-E14 Berbasis Internet of Things (IoT) On/Off dikontrol menggunakan Media Sosial Telegram, serta dipublikasikan di Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=W8zJvopS-1U

References

A. Padmanaba, D. K. N dan D. Andayati, “Komparasi Penggunaan Framework Codeintiger Vs PHP Native Pada Sistem Informasi Manajemen Surat Sekretariat DPRD Pemalang,†Jurnal SCRIPT, p. Vol. 8 Ni. 1, 2020.

A. Andoyo, E. Y. Anggraeni, A. Khumaidi, A. P. Nanda, A. Suryana, S. A. Maseleno, P. A. Pratomo, S. dan S. Abadi, Sistem Pendukung Keputusan Konsep, Implementasi dan Pengembangan, Indramayu: CV. Adanu Abimata, 2021.

C. Yoni dan H. Mustafidah, “Penerapan Metode WP (Weighted Product) Untuk Pemilihan Mahasiswa Lulusan Terbaik di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purwokerto,†JUITA, pp. Vol. IV Nomor 1, 22-27, 2016.

D. Yanti dan J. Sutresna, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Customer Terbaik Menggunakan Metode WP,†Journal of Artificial Intelligence and Innovative Applications, pp. Vol. 1, No. 2, 2020.

Published

2023-07-20

Issue

Section

Articles