Sosialisasi Peningkatan Kualitas Sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Laba Usaha Di Cv. Deallova Nusantara Hs Jl. Raya Labuan Km. 5 Cipacung, Pandeglang - Banten

Authors

  • Rahadian Amrullah Universitas Pamulang
  • Lamsah Lamsah Universitas Pamulang

Keywords:

Kualitas Produk, Laba Usaha, UMKM

Abstract

Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah jenis usaha yang dilakukan masyarakat pada sektor ekonomi sebagai salah satu pijakan serta salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan. Data usaha sektor besar sebesar 10% dan UMKM sebesar 90% di Indonesia berdasarkan data dari Kementiran Koperasi Usaha Kecil dan Menengah pada tahun 2015. Walaupun UMKM tidak termasuk kedalam sektor usaha yang besar, tetapi peran dari sektor UMKM dalam menggerakan roda perekonomian negara Indonesia tidak dapat diragukan lagi dikarenakan UMKM telah berperan besar dalam menggerakan roda pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang dimana hampir 60% nya merupakan kontribusi dari sektor UMKM itu sendiri. UMKM dalam perokonomian nasional berperan sebagai pondasi ekonomi negara, selain itu UMKM juga memiliki ketahanan terhadap kondisi resesi ekonomi karena UMKM tidak terekspos dengan perekonomian global. Oleh karena itu dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)  ini  Tim PKM mengambil tema Sosialisasi Peningkatan Kualitas Sebagai Salah Satu Upaya Peningktan Laba Usaha. Tujuan Tim kegiatan PKM mengambil tema tersebut adalah untuk menambah pengetahuan para UMKM tentang kiat-kiat dalam meningkatkan laba usaha, dengan meningkatnya laba usaha maka kesejahteraan UMKM pun akan meningkat.

References

Ariani 2003, Manajemen Kualitas Pendekatan Sisi Kualitatif, Bogor, Gahlia Indonesia.

Arif Nur Rianto 2012, Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah, Bandung, Alfabeta.

Gaspersz, Vincent 2008, Total Quality Management, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Hill 2001, ‘Small dan Medium Enterprises In Indonesia (Old Policy Challenges for a New Administration)’, Jurnal Asian Survey XLI, no. 2, hh. 248-270.

Manikmas, M. Oka Adnyana, 2003, ‘Potensi Pengembangan UKM Dalam Era Otonomi Daerah’, SOCA 3, no. 1, hh. 1-16.

MacIver, Robert Morrison, 2013, The Modern State, London, Oxford University Press.

Prawirosentono, Suyadi 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia (Kebijakan

Kinerja Karyawan, Edisi 1, Cetakan Kedelapan, BPFE, Yogyakarta.

Sriyana, Jaka 2010, ‘Strategi Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (UMKM) Studi Kasus Di Kabupaten Bantul Paper pada Simposium Nasional 2010 Menuju Purworejo Dinamis dan Kreatif’.

Published

2023-07-20

Issue

Section

Articles