Pemanfaatan Mikrokontroler Arduino Sebagai Sistem Kendali Otomatis Smart Home

Authors

  • Asep Suryadi Universitas Pamulang
  • Andi Romansyah Universitas Pamulang
  • Agus Suhendi Universitas Pamulang
  • Rohwanah Rohwanah Universitas Pamulang
  • Dimas Saputra Wijaya Universitas Pamulang

Keywords:

Mikrokontroller, Arduino, Smart Home.

Abstract

Salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PkM), yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta pengetahuan dan keterampilan sumber daya manusia. Kemajuan di bidang teknologi meningkatkan hemat energi listrik dan efektifitas bagi masyarakat. Di Era Revolusi Industri 5.0 ini, Teknologi mikrokontroler berkembang dengan sangat pesat. Salah satu nya yaitu teknologi model Smart Home. Smart home Sistem kendali otomatis, ialah salah satu perkembangan teknologi di bidang mekanik dan elektronika saat ini, baik analog maupun digital, dimana smartphone sebagai remote diintegrasikan pada sistem untuk mematikan dan menghidupkan peralatan listrik melalui arduino sebagai main control serta Esp8266 sebagai penghubung Arduino dan smartphone menggunakan teknologi jaringan wifi serta software aplikasi control dari smarthome untuk memberikan intruksi kepada sistem melalui smartphone yang akan jalankan oleh arduino dan relay akan menghubungkan peralatan listrik yang terpasang di rumah. Pada pengkodean sistem, menggunakan bahasa pemrograman C yang dirancang dan diprogram pada mikrokontroler Arduino. SMAS IT Darussalam Pipitan merupakan Sekolah Menengah Atas (SMA) swasta yang berada di Kota Serang, yang didirikan pada tanggal 30 April 2013. Siswa/i SMAS IT belum begitu memahami perkembangan teknologi di jaman sekarang ini, terutama pada pemanfaatan penggunaan mikrokontroler Arduino sebagai sistem kendali otomatis. Penggunaan mikrokontroler sebagai sistem kendali, yang mudah di gunakan untuk pemula dalam membangun teknologi smart home berupa pengendalian lampu ruangan, pintu otomatis dan peralatan rumah lainnya. 

References

Aryo Nugroho, Kunto Eko Susilo, Slamet Winardi, A. B. (2020). Buku Petunjuk Praktikum Mikrokontroler Arduino.

Cakra, Said, M. S., & Henny. (2023). Sistem Kontroler Lampu Menggunakan Sensor Suara. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, 8(1), 77–82.

Darso, Prasetyo, A., Imron, M., & Waluyo, R. (2023). Perancangan Sistem Keamanan Pintu Rumah Menggunakan Teknologi Near Field Communcation (Nfc) Berbasis Mikrokontroler Atmega 328. Jurnal Polektro: Jurnal Power Elektronik.

Fadilah, R., Garno, & Jaman, J. H. (2023). Sistem Kontrol Penghemat Energi Listrik Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno R3. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 276–290. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47668/Edusaintek.V10i1.640

Hari Arief Dharmawan. (2017). Mikrokontroler Konsep Dasar Dan Praktis- Google Books. In Ub Press.

Indra Aditya Fajar. (2022). Perancangan Smart Home (Smart Room) Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno. Skripsi.

Rahmadana, M. F. (2021). Ekonomi Digital. Nilacakra.

Restu Mukti, A., Mukmin, C., Randa Kasih, E., Palembang Jalan Jenderal Ahmad Yani No, D., Ulu, S. I., & Selatan, S. (2022). Perancangan Smart Home Menggunakan Konsep Internet Of Things (Iot) Berbasis Microcontroller. Jurnal Jupiter, 14(2), 516–522.

Published

2023-07-20

Issue

Section

Articles