Penguatan Karakter Pelajar Melalui Sosialisasi 4 (Empat) Pilar Kebangsaan Di Smas Darurrohman Walantaka, Kota Serang, Provinsi Banten

Authors

  • Yohanes Oci Universitas Pamulang
  • Heru Wahyudi Universitas Pamulang
  • Zakaria Habib Al-Ra’zie Universitas Pamulang

Keywords:

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

Abstract

Sebagai warga negara yang baik diwajibkan patuh dan taat pada Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika, warga negara diharapkan agar mampu bersikap baik yang mencerminkan Pancasila atau kepribadian yang penuh tanggung jawab serta bertindak demokratis. Termasuk didalamnya bagi para peserta didik yang merupakan generasi penerus bangsa. Sebagai lembaga akademik, Program Studi Adminstrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sutomo memiliki tanggungjawab untuk meneruskan, merawat dan menyosialisasikan gagasan 4 pilar sebagai tonggak kita dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Upaya tersebut dilaksanakan melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam bentuk sosialisasi 4 pilar kepada seluruh peserta didik di lembaga pendidikan SMA Darurrahman Walantaka, Kota Serang. Tahap kegiatan oleh tim PKM diantaranya 1)Ketua dan anggota tim melakukan rapat baik secara daring maupun luring untuk mendiskusikan tema Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 2) Melakukan survey ke SMA Darurrahman Walantaka Kota Serang serta mengurus iin dan menentukan tempat kegiatan dan waktu pelaksanaannya, 3) berdiskusi dengan mitra dan kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan SMA Darurrahman Walantaka Kota Serang. 4) menyiapkan kelengkapan kegiatan seperti spanduk kegiatan serta kesiapan administrasi dan perlengkapan protokol kesehatan, 5) tim pengabdian melaksanakan pengabdian. Metode sosialisasi yang dilakikan berupa ceramah dan dilanjutkan tanya jawab narasumber dengan peserta siswa-siswi SMA Darurrahman. Hasil PKM yang didapatkan antara lain siswa-siswi memiliki pemahaman tentang pentingnya pengetahuan tentang 4 pilar kebangsaan untuk mengokohkan kepribadian anak bangsa, hal tersebut terlihat dari antusiasme peserta dalam tanya-jawab dengan narasumber.

References

Kaelan. 2012. Problem Epistimologi empat Pilar Berbangsa dan Bernegara. Yogyakarta : Paradigma.

Kaelan. 2012. Problem epistimologis Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Yoyakarta : Paradigma.

Latif, Yudi. 2011. Negara Paripurna : Historisitas, Rasionalitas, dan Aktualitas Pancasila. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Peraturan Menteri pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 39 Tahun 2008 Tentang Pembinaan Kesiswaan.

Permendikbud No.22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

R.I.MPR. Perbandingan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta : Penerbitan MPR.

Soeprapto. 2010. Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Jakarta : Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Kehidupan Bernegara.

Undang-undang dasar 1945

Published

2023-07-20

Issue

Section

Articles