Pendidikan Politik Dan Kewarganegaraan Bagi Generasi Muda

Authors

  • Anggi Anggraeni Kusumoningtyas Universitas Pamulang
  • Yusa’ Farchan Universitas Pamulang
  • Cornelia Evelin Cabui Universitas Pamulang

Keywords:

pendidikan politik, kewarganegaraan, generasi muda.

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini berjudul pendidikan politik dan kewargangeraan bagi generasi muda. Pembahasan mengenai pendidikan politik dan kewarganegaraan sendiri menjadi penting untuk ditekankan mengingat masih cukup rendahnya tingkat kepedulian generasi muda terhadap kebijakan atau isu-isu politik dan kewarganegaraan. Pendidikan politik penting untuk ditekankan pelaksanaannya apalagi di tahun-tahun politik menjelang Pemilu 2024, sedangkan pendidikan kewarganegaraan dibutuhkan di tengah-tengah arus modernisasi dan westernisasi. Metode yang digunakan adalah observasi dan forum group discussion (FGD) dengan memberikan stimulasi pemahaman mengenai urgensi pendidikan politik dan kewarganegaraan kepada peserta kegiatan yang terdiri dari siswa dan siswi SMA Negeri 6 Kota Serang. Kegiatan ini diikuti oleh 115 orang peserta. Pemberian stimulus ini bertujuan agar para siswa-siswi SMA Negeri 6 Kota Serang memiliki pengetahuan politik dan kewarganegaraan yang cukup dalam merespon berbagai isu dan kebijakan politik mendasar serta kemudian mampu menjadi generasi muda yang berkarakter Pancasila. Dalam FDG, peserta dan mahasiswa didorong untuk aktif mengadakan kegiatan-kegiatan dan dialog yang membangun guna mengembangkan pengetahuan politik dan kewarganegaraan sebagai generasi muda. Hasil temuan dan kesimpulan yang didapat dari pengabdian kepada masyarakat ini ialah tingkat kepedulian yang cukup baik akan politik dan kewarganegaraan masih belum terimbangi dengan tingkat pengetahuan akan pendidikan politik dan kewarganegaraan, sehingga diperlukan pendampingan secara berkala dan intens.

References

Hamisa, Wilda., & Murdiono, Mukhamad. (2018). Peran PKN Sebagai Pendidikan Politik dalam Membangun Sikap Demokratis dan Partisipasi Siswa dalam Organisasi di SMA. Jurnal Harmoni Sosial.

Jati, Wasisto Raharjo. 2011. Inovasi Pelayanan Publik Setengah Hati: Studi Pelayanan Publik di SAMSAT Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol.15, No.1. Edisi. Juli-September.

Kartono, Kartini. 1996. Pendidikan Politik. Bandung: Mandar Maju.

Kartono, Kartini. 2009. Pendidikan Politik: Sebagai Bagian Pendidikan Orang Dewasa. Bandung: Mandar Maju.

Kumorotomo, Wahyudi. (2007, 16 Juni). Citizen Charter (Kontrak Pelayanan): Pola Kemitraan Strategis untuk Mewujudkan Good Governance dalam Pelayanan Publik. Makalah JURNALILMU-SOSIAL-DAN-ILMU-POLITIK Wasisto Raharjo Jati, Kewargaan Inklusif sebagai Paradigma Alternatif Pelayanan Publik. disampaikan di Seminar Persadi, Yogyakarta.

Maani, Karjuni. 2010. Citizen Charter: Terobosan Baru dalam Penyelenggaran Layanan Publik, Jurnal Tingkap, Vol.6, No.2.

Nasiwan. 2018. Prospek Pendidikan Politik di Era Reformasi. Yogyakarta: HUMANIKA

Published

2023-07-20

Issue

Section

Articles