Sosialisasi Penyelenggaraan Organisasi Dan Praktek Kepemimpinan Untuk Organisasi Kesiswaan

Authors

  • Agisthia Lestari Universitas Pamulang
  • Aziz Reza Randisa Universitas Pamulang

Keywords:

Pendidikan Politik, Kewarganegaraan, Organisasi Kesiswaan.

Abstract

Sebagai sebuah organisasi, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan wadah bagi seluruh kegiatan siswa yang tersebar dalam berbagai jenis organisasi baik dalam bidang kesenian, pendidikan, maupun olahraga. Sebagai sebuah organisasi intra, OSIS memiliki kewajiban untuk membantu dan memfasilitasi organisasi-organisasi yang berada dibawahnya. Keberhasilan OSIS bergantung pada kinerja kepengurusan dan kualitas kepemimpinan dari para pengurus. Pengurus OSIS adalah siswa-siswi pilihan yang telah lolos seleksi berdasarkan kemampuan bidang akademik maupun non-akadmik pengurus OSIS yang terpilih dalam menjalankan kepengurusan selama 1 (satu) tahun ajaran. Kegiatan pengabdian ini memberikan pelatihan dasar pemahaman mengenai kepemimpinan dalam organisasian, sehingga dapat terbentuk organisasi kesiswaan yang kuat dan berkarakter kepemimpinan. Pelaksanaan pengabdian ini diawali dengan metode observasi langsung dengan mendatangi lokasi pengabdian untuk memperolah data, menggali dan mengidentifikasi masalah, dan wawancara. Wawancara juga melibatkan wakil kesiswaaan, perwakilan guru, dan perwakilan siswa dengan cara berdialog dan berduskusi. Selanjutnya, tim pengabdian masyarakat melakukan praktek kepemimpinan dengan meminta para siswa untuk berpidato singkat untuk menuangkan ide-ide untuk memajukan organisasi kesiswaan. Hasil kegiatan tersebut antara lain diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada siswa-siswi tentang teori dan budaya organisasi bagi siswa dalam organisasi kesiswaan. Harapan dari kegiatan pengabdian ini adalah terbentuknya organisasi kesiswaan yang kuat dengan karakter kepemimpinan yang dapat memajukan SMA Negeri 6 Kota Serang sebagai sekolah yang unggul baik dalam bidang akdemik maupun non akademik

References

Hajar, S., Tinus, A., & Budiono, B. (2019). Pembinaan Kesiswaan Untuk Penumbuhan Dan Penguatan Karakter Kepemimpinan Melalui Kegiatan Osis. Jurnal Civic Hukum, 4(1), 59.

Keller dalam Dwiyanti. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 Tentang Pembinaan Kesiswaan. Cell, 151(4), 1–46.

Maya, S., & Anggresta, V. (2020). Peningkatan Kinerja Organisasi Melalui Pelatihan Kepemimpinan Dan Teamwork Pada Karang Taruna Balekambang Jakarta Timur. E- Prosiding Hapemas, 1(1).

Muhammad Rifai, M. F. (2013). Manajemen Organisasi. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). Perdana Mulya Sarana.

N, G. A. N. T. W., Lasmawan, W., & Suastika, N. (2020). Upaya Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah ( Osis ) Di SMP Negeri 6 Singaraja I Gusti Ayu Ngurah Trisna Widya N. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2, 227–234.

Sapti, M. (2019). Manajemen Organisasi Santri di Pondok Pesantren. Jurnal Islamic Education Manajemen, 53(9), 1689–1699.

Published

2023-11-29