Sosialisasi Pemahaman Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 Bagi Pemilih Pemula

Authors

  • Efriza Efriza Universitas Pamulang
  • Rochendi Suryadinata Universitas Pamulang
  • Rostikah Rostikah Universitas Pamulang
  • Dini Izzati Maulani Universitas Pamulang
  • Lidya Nurjannah Universitas Pamulang

Keywords:

Sosialisasi, Pemilu, Kedaulatan Rakyat, Pemilih Pemula

Abstract

Era Reformasi telah melaksanakan kegiatan Pemilihan Umum (Pemilu) sebanyak lima kali diawali tahun 1999, kemudian 2004, 2009, 2014, dan 2019. Saat ini, kita akan melaksanakan Pemilu ke-6 kalinya pada Pemilu 2024 mendatang. Pemilu adalah bagian dari metode demokratis dan legitimasi bagi Eksekutif dan Legislatif dalam melaksanakan kekuasaan dan kewenangannya. Tujuan dari kegiatan edukasi memberikan pemahaman mengenai ilmu pemerintahan utamanya Pemilu bagi Pemilih Pemula. Pemilu adalah sarana tak terpisahkan dari kehidupan politik negara demokrasi modern. Partisipasi Politik berupa kesadaran yang otonom, antusiasme, dan preferensi politik dari Pemilih Pemula memiliki peran penting dan utama dalam kegiatan memilih sebagai pemilih. Kegiatan ini memberikan pemahaman dan pelatihan dasar mengenai Pemahaman Pemilu, Kedaulatan Rakyat, dan Partisipasi Politik dari Pemilih Pemula. Pelaksanaan sosialisasi dan pendidikan politik bagi pemilih pemula dalam proses politik Pemilu 2024 mendatang dilaksanakan dengan metode observasi langsung melalui mendatangi lokasi pengabdian yang dipilih yakni Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 6 Kota Serang untuk memperoleh data, menggali dan mengidentifikasi masalah, dan juga melakukan wawacancara. Wawancara dilakukan terhadap informan seperti: siswa, dan beberapa guru, dengan cara diskusi/pemberian informasi dan pelatihan. Tim Pengabdian Masyarakat kemudian melakukan penyuluhan materi dasar tentang pemahaman pemilu bagi pemilih pemula, sehingga kegiatan pemilu akan menghasilkan antusiasme, pemahaman preferensi politik, dan juga tingkat partisipasi politik pemula yang bersifat otonom. Hasil kegiatan tersebut antara lain diharapkan dapat: memberikan pengetahuan tentang Pemilu sebagai wujud kedaulatan rakyat dalam aspek ilmu pemerintahan, pengetahuan tentang mekanisme proses pemilu pada Pemilu Serentak 2024 nanti, serta diharapkan akan memberikan pemahaman dan antusiasme serta pemahaman akan preferensi politik.

References

Azirah, Partisipasi Politik Pemilih Pemula Dalam Pesta Demokrasi, Jurnal Politica, Vol. 6, Nomor 2, 2019.

Darmawan, Ikhsan, Mengenal Ilmu Politik, Jakarta: Kompas, 2015.

Efriza, Kekuasaan Politik: Perkembangan Konsep, Analisis dan Kritik, Malang: Intrans Publishing, 2016.

Huntington, Samuel P., dan Nelson, Joan M., Partisipasi Politik di Negara Berkembang, Jakarta: Rineka Cipta, 1999.

Labolo, Muhadam, Partai Politik dan Sistem Pemilihan Umum di Indonesia, Teori, Konsep, dan Isu Strategis, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2015.

Rohaniah, Yoyoh, dan Efriza, Pengantar Ilmu Politik: Kajian Mendasar Ilmu Politik, Malang: Intrans Publishing, 2015.

Rohaniah, Yoyoh, dan Efriza, Handbook Sistem Politik Indonesia: Menjelajahi Teori dan Praktik, Malang: Intrans Publishing, 2017.

Romli, Lii, Pemilu Era Reformasi dan Konfigurasi Peta Kekuatan Partai Politik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2019.

Rush, Michael, dan Althoff, Phillip, Pengantar Sosiologi Politik, Jakarta: Rajawali Pers, 1990.

Ketua DPR: Jadikan Pemilu 2024 yang Demokratis, Jujur, Adil dan Bermartabat, dpr.go.id, diakses pada tanggal 25 Februari 2023, Pukul 19.00 WIB.

Published

2023-11-29