Sosialisasi Pengembangan Potensi Diri Guna Memilih Karir Di Masa Depan Pada Smkn 2 Kota Serang

Authors

  • Anip Solihin Universitas Pamulang
  • Septian Aris Munandar Universitas Pamulang
  • Yofi Yofi Universitas Pamulang
  • Ahmad Jamaludin Universitas Pamulang
  • Nurul Muslimawati Universitas Pamulang

Keywords:

pengembangan potensi diri, pemilihan karir

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu, melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, keberadaan perguruan tinggi diharapkan dapat memberikan kontribusi besar kepada pengembangan dan penerapan keilmuan dalam masyarakat. Metode yang digunakan pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah tim pelaksana mengunjungi SMKN 2 Kota Serang yang beralamat di jalan KH. Abdul Fatah Hasan No. 89, Kota Serang, Banten, Indonesia dan memberikan pelatihan mulai tanggal 27 – 28 Maret 2023. Sosialisasi ini bertujuan agar generasi milenial yang rata-rata masih berusia remaja memahami pentingnya peran generasi milenial dalam pengembangan potensi diri guna memilih karir di masa depan. Untuk meraih tujuan-tujuan pengembangan potensi diri yang lebih besar dan bisa menerapkan perencanaan karir tersebut dalam kehidupannya mulai sekarang, terutama sebagai bekal dalam menghadapi masa depan. Dalam hal ini menunjukkan adanya kemajuan, peningkatan pertumbuhan, evolusi atas berbagai kemungkinan, berkembang atau peningkatan atas sesuatu. Hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah bertambahnya keilmuan dan keterampilan peserta pada SMKN 2 Kota Serang, khususnya di bidang pengembangan potensi diri dan perencanaan karir di masa depan yaitu pelatihan yang akan menjadi bekal mereka dalam mengelola pengembangan diri, baik di masa kini maupun di masa yang akan datang. Ilmu yang didapatkan pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diharapkan mampu memberikan semangat dalam menyampaikan pengetahuan dan memberikan motivasi serta berkontribusi bagi generasi muda, baik di lingkungan sekolah, kampus maupun masyarakat. Agar PKM ini tepat sasaran, maka perlu diperhatikan metode pelaksanaan PKM. Adapun metode pelaksanaan PKM ini adalah dengan cara:1. Metode Ceramah / Presentasi, 2. Metode Tanya Jawa. 3. Sharing Session Tentang Pengembangan Potensi Diri Guna Memilih Karir Di Masa Depan. Sharing session ini diberikan kepada para peserta guna mendorong para peserta untuk ikut berperan aktif dalam lingkungannya untuk peningkatan pengembangan potensi diri dan perencanaan karir serta mengerti dan dapat mengimplementasikan bagaimana cara mengelola potensi diri secara optimal sebagai bekal untuk dapat memlilih karir sejak dini. Luaran dari hasil Pengabdian Kepada Masyarakat ini akan di publikasi pada jurnal internal kampus Pengabdian Kepada Masyarakat dan berupa artikel di media sosial.

References

Alafajar, Siti & Tri Heru. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi pertama, Yogjakarta : UPP STIM YKPN.

Achmad Sobirin. (2007). Budaya Organisasi, Yogjakarta : UPP STIM YKPN.

Champoux, Yoseph E. (2011). Organizational behavior: integrating individuals, group, and organization, New York: Routledge.

Erni Rernawan. (2011). Organization culture, budaya organisasi dalam perspektif ekonomi dan bisnis, Bandung : Alfabeta.

Jones, Gareth R. (2013). Organizational Theory, Text and Cases, 7th edition, New Jersey : Prentice Hall.

Gudono. (2012). Teori Organisasi, Yogjakarta: BPFE.

Ivancevich, John M & Micheal T Matteson. (2011). Organizational Behavior and Management, New York: McGrow- Hill Irvin.

Ivanco, Stefan. (2013). Modern Theory of Organization, Ljubljana: University of Ljubljana press.

Laegard, Jorgen & Mille Bindslev. (2010). Organizational Theory, London: Ventus Publishing.

Malayu S.P. Hasibuan. (2014). Organisasi dan motivasi, dasar peningkatan produktivitas, Jakarta: Bumi Aksara.

Robbin, Stephen & Timothy A. Judge. (2013). Organizational Behavior, Boston: Pearson Education Inc.

Sutarto. (2006). Dasar-dasar Organisasi, Yogjakarta: Gadjah Mada University Press.

Vaijayanthi, D. (2015). Management Principles, Channai: Tamilnada Textbook Coorperation.

Wren, Daniel A & Arthur G. Bedeian. (2009). The Evolution of Management Tought, New York: John Wiley & Sons, Inc.

Winardi, J. (2010). Teori Organisasi dan Pengorganisasian, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Ig. Wusanto. (2011). Dasar-Dasar Ilmu Organisasi, Yogjakarta: Andy Offset.

Published

2023-11-29