Implementasi Penggunaan Aplikasi Komputer Microsoft Word Dan Microsoft Excel Pada Kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (Phbi) Maulid Nabi Muhammad S.A.W 1445h Di Majlis Ta’lim Ratib Al-Haddad Perumahan Griya Sutera Balaraja

Authors

  • Ade Sumaedi Universitas Pamulang
  • Amin Widodo Universitas Pamulang
  • Eva Hendrawati Universitas Pamulang
  • Fikar Maulana Universitas Pamulang
  • Abi Mahsyar Universitas Pamulang

Keywords:

Teknologi Digital, PKM, Implementasi Microsoft Word dan Microsoft Word Excel.

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi komputer di seluruh dunia yang sangat maju berkembang terutama di Indonesia, dari perkembangan dan kemajuan tersebut Jama’ah Majlis Ta’lim Ratib Al-Haddad Balaraja Kab. Tangerang selain belajar tentang agama islam dititik beratkan untuk dapat maju dan berkembang pada kemampuan jama’ah nya pada sistem digitalisasi terutama dalam penggunaan komputer aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Word Excel, baik secara teori maupun secara praktek yang dibutuhkan dalam kegiatan di kalangan masysrakat. Dalam Strateginya Majlis Ta’lim Ratib Al-Haddad Balaraja Kab. Tangerang adalah harapan kita semua terutama pemerintah dan masyarakat lainnya sebagai langkah penanganan kurang mampunya dalam pengguaan komputer tersebut. Dalam hal ini hasil identifikasi masalah kurang pahamnya penggunaan komputer pada penggunaan Microsoft Word dan Microsoft Word Excel yang semakin tinggi di indonesia terutama pada daerah-daerah khususnya daerah Kabuaten Tangerang-Banten. Dari hasil identifikasi tersebut, dalam kegiatan PKM ini fokus sebagai pesertanya sementara khusus untuk Jama’ah Majlis Ta’lim Ratib Al-Haddad Balaraja Kab. Tangerang. Selanjutnya tim PKM melakukan wawancara kepada pihak Majlis Ta’lim Ratib Al-Haddad Balaraja Kab. Tangerang untuk mencari fakta dan data, dari wawancara tersebut didapatkan informasi bahwa jama’ah di dalam lingkungan Majlis belum pernah dilakukan pemahaman terkait teknologi penggunaan komputer. Target dan sasaran ditujukan bagi semua Jama’ah Majlis Ta’lim Ratib Al-Haddad Balaraja Kab. Tangerang. Penggunaan Metode dalam PKM ini dalam bentuk implementasi secara langsung selama ± 14 hari (parsial) dan mengenai puncak pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dalam acara Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Maulid Nabi Muhammad S.A.W Tahun 1445H bekerja sama dengan Maulid Arba'in Tangerang Jilid 6 Malam Ke-38 pada Tanggal 22 Oktober 2023. Hasil yang dicapai dari kegiatan PKM ini adalah terlaksananya Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Maulid Nabi Muhammad S.A.W Tahun 1445H dan mengimplementasikan aplikasi komputer penggunaan Microsoft Word dan Microsoft Word Excel. Selanjutnya publikasi Jurnal adalah target dari luaran yang di hasilkan dalam PKM ini.

References

A. Padmanaba, D. K. N dan D. Andayati, “Komparasi Penggunaan Framework Codeintiger Vs PHP Native Pada Sistem Informasi Manajemen Surat Sekretariat DPRD Pemalang,†Jurnal SCRIPT, p. Vol. 8 Ni. 1, 2020.

A. Andoyo, E. Y. Anggraeni, A. Khumaidi, A. P. Nanda, A. Suryana, S. A. Maseleno, P. A. Pratomo, S. dan S. Abadi, Sistem Pendukung Keputusan Konsep, Implementasi dan Pengembangan, Indramayu: CV. Adanu Abimata, 2021

D. C. Yoni dan H. Mustafidah, “Penerapan Metode WP (Weighted Product) Untuk Pemilihan Mahasiswa Lulusan Terbaik di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purwokerto,†JUITA, pp. Vol. IV Nomor 1, 22-27, 2016.

F. dan S. Sauda, “Pemodelan Unified Modeling Language Sistem Informasi Enterprise Resource Planning,†Jurnal Media Informatika Budidarma, pp. Volume 4, Nomor 2, Page 429-436, 2020.

F. Yanti dan J. Sutresna, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Customer Terbaik Menggunakan Metode WP,†Journal of Artificial Intelligence and Innovative Applications, pp. Vol. 1, No. 2, 2020.

J. enterprise, Pemrograman Database dengan Pyhton dan MySQL, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2018.

Published

2023-11-29