Pembelajaran Kurikulum Mbkm Prodi Teknik Mesin Bagi Siswa/I Smk Negeri 1 Ciruas
Keywords:
Pembelajaran, Kurikulum MBKM, teknik MesinAbstract
Perkembangan Dinamis Dunia Pendidikan dalam beberapa akhir Dunia pendidikan terus mengalami perubahan yang cepat dengan munculnya teknologi informasi dan komunikasi serta tantangan global seperti revolusi industri keempat. Ini mengharuskan pendidikan tinggi untuk menyesuaikan diri agar dapat menghasilkan lulusan yang relevan dengan tuntutan zaman. Jumlah penduduk tersebut mengalami peningkatan sebanyak 12.104 jiwa dari tahun 2013 yang berjumlah 631.101 jiwa atau meningkat sekitar 2%. Komposisi Penduduk 1. Kurikulum 2021 Program Studi Sarjana (S1) Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Pamulang yang dikembangkan berbasis Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Kerangka Kerja Kualifikasi Nasional Indonesia, Pendidikan Berbasis Luaran (Outcome Based Education), dan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan memperhatikan kondisi program studi, karakteristik dunia kerja SMK N 1 ciruas dan industri manufaktur serta otomotif, dan perkembangan revolusi industri 4.0, dinyatakan sah dan disetujui pemberlakukannya mulai tahun ajaran 2021 hingga dilakukan revisi berikutnya Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi. Pengembangan Kemampuan Soft Skills dengan pembelajar PKM ke Sekolah – sekolah maka Fokus MBKM tidak hanya pada aspek akademik, tetapi juga pada pengembangan soft skills (keterampilan lunak) seperti kepemimpinan, kreativitas, inovasi, keterampilan berkomunikasi, dan kolaborasi, yang penting dalam dunia kerja yang berkaiatan dengan SMK Negeri 1 Ciruas
References
Arif, Joni et al. 2023. “Pelatihan Pengenalan Mesin Las Listrik Bagi Siswa Smkn 4 Kota Serang-Banten.†TENSILE | Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 1(1): 47–55.
Arif, Syaiful, Pungkas Prayitno, Joni Arif, and Lukni Arif Budiono. 2023. “Pembelajaran Kurikulum Teknik Mesin Universitas Sutomo Bagi Siswa/I Smk N 1 Kragilan.†TENSILE | Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2): 123–33.
Dwisaksana, Shandy, Aditya Candrakusuma, Sri Astutik, and Subekti Subekti. 2023. “Penerapan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tuban.†Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis 8(2): 110–21.
Faroh, Wahyu Nurul, and Ambar Widya Lestari. 2023. “Optimalisasi Penggunaan Internet Untuk Membuka Peluang Usaha Siswa Smk Sasmita Jaya 2.†Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM): Kreasi Mahasiswa Manajemen 3(2): 113–17.
Meke, Konstantinus Denny Pareira, Richardo Barry Astro, and Maimunah H. Daud. 2021. “Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Indonesia.†Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(1): 675–85.
Pungkas Prayitno, Syaiful Arif, Joni Arif. 2015. “Peningkatan Ketrampilan Masyarakat Terhadap Pelatihan Las Listrik Di Karangantu - Kota Serang Improving.†TENSILE | Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.
Setiawan, Adi, Amin Suryani, Destriana Kurniawati, and Universitas Sebelas Maret. 2023. “Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Mendorong Pembaruan Pendidikan Tinggi Di Indonesia.†Ilmiah Multi Disiplin Indonesia 2(5): 905–13.
Syaiful Arif, Mustasyar Perkasa, Iriyanti. 2022. “Pembelajaran Fabrikasi Tralis Sebagai Sarana Usaha Masyarakat Karangantu Kecamatan Kasemen Kota Serang Tralis.†GARDA Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 2(2): 11–16.
Syaiful Arif, Mustasyar Perkasa, Reson Wibowo. 2015. “Pembelajaran Proses Penggunaan Mesin Las Listrik Bagi Siswa SMK Negeri 4 Kota Serang.†TENSILE | Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: 88–97.
Syaiful Arif, Sukroni, Ansor Salim Siregar, Syaiful Rizal, Pungkas Prayitno, Nur Rohmat. 2020. “Pelatihan Teknik Pengelasan Sebagai Sarana Wirausaha Masyarakat Kec. Setu, Tangerang Selatan – Banten.†GARDA | Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: 1–7.