Sosialisasi Kurikulum Mbkm Program Studi Teknik Mesin Universitas Pamulang Serang Di Smk Negeri 1 Ciruas
Keywords:
Teknologi dalam Pendidikan, Kurikulum MBKM, teknik Mesin, SMK N 1Abstract
Teknologi dalam Pendidikan,Perkembangan teknologi telah mengubah cara kita belajar dan mengajar. Integrasi teknologi dalam pendidikan, seperti pembelajaran daring, aplikasi mobile, platform pembelajaran digital, dan penggunaan alat-alat seperti VR (Virtual Reality) atau AR (Augmented Reality), telah memungkinkan akses yang lebih luas dan pengalaman belajar yang lebih interaktif. Pendekatan Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa: Ada pergeseran dari pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru ke pendekatan yang lebih berfokus pada siswa. Model pembelajaran ini mempromosikan keterlibatan aktif siswa, kolaborasi, dan pemecahan masalah.Kurikulum 2021 Program Studi Sarjana (S1) Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Pamulang yang dikembangkan berbasis Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Kerangka Kerja Kualifikasi Nasional Indonesia, Pendidikan Berbasis Luaran (Outcome Based Education), dan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan memperhatikan kondisi program studi, karakteristik dunia kerja SMK N 1 ciruas dan industri manufaktur serta otomotif, dan perkembangan revolusi industri 4.0, dinyatakan sah dan disetujui pemberlakukannya mulai tahun ajaran 2021 hingga dilakukan revisi berikutnya Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi. Penelitian dalam Pendidikan: Perkembangan dalam penelitian pendidikan membantu menyediakan bukti dan pemahaman yang lebih baik tentang metode-metode pembelajaran yang efektif serta membantu dalam mengembangkan praktik terbaik dalam pengajaran. Perkembangan dinamis ini terus berlanjut seiring dengan perubahan masyarakat, teknologi, dan kebutuhan siswa. Sehingga, penting bagi para pendidik, pengambil kebijakan, dan masyarakat umum untuk terus beradaptasi dan berkembang guna meningkatkan kualitas pendidikan bagi generasi masa depanReferences
Arif, Joni et al. 2023. “Pelatihan Pengenalan Mesin Las Listrik Bagi Siswa Smkn 4 Kota Serang-Banten.†TENSILE | Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 1(1): 47–55.
Arif, Syaiful, Pungkas Prayitno, Joni Arif, and Lukni Arif Budiono. 2023. “Pembelajaran Kurikulum Teknik Mesin Universitas Sutomo Bagi Siswa/I Smk N 1 Kragilan.†TENSILE | Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2): 123–33.
Astutik, Herna Puji, and Aisyah Kusuma Wardhani. 2023. “Pendampingan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Pada Kegiatan Dishub Daerah Istimewa Yogyakarta.†Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa 1(4): 111–18.
Desi sagita Hutasoit, Imelda siahaan, Eva ria Sitinjak. 2023. “Pengaruh Mata Kuliah Modul Nusantara Dalam Meningkatkan Budaya Dan Toleransi Mahasiswa Melalui Program Mahasiswa Merdeka Pendidikan Ganesha Bali.†Mandira Cendikia 2(7): 1–6.
Hidayat, M. Noer Fadli. 2022. “PKM Pendampingan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Perguruan Tinggi Pesantren Zona Tapal Kuda Jawa Timur.†GUYUB: Journal of Community Engagement 3(1): 1–21.
Pungkas Prayitno, Syaiful Arif, Joni Arif. 2021. “Peningkatan Ketrampilan Masyarakat Terhadap Pelatihan Las Listrik Di Karangantu - Kota Serang Improving.†TENSILE | Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.
Syaiful Arif, Mustasyar Perkasa, Iriyanti. 2022. “Pembelajaran Fabrikasi Tralis Sebagai Sarana Usaha Masyarakat Karangantu Kecamatan Kasemen Kota Serang Tralis.†GARDA Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 2(2): 11–16.
Syaiful Arif, Mustasyar Perkasa, Reson Wibowo. 2021. “Pembelajaran Proses Penggunaan Mesin Las Listrik Bagi Siswa SMK Negeri 4 Kota Serang.†TENSILE | Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: 88–97.
Syaiful Arif, Sukroni, Ansor Salim Siregar, Syaiful Rizal, Pungkas Prayitno, Nur Rohmat. 2020. “Pelatihan Teknik Pengelasan Sebagai Sarana Wirausaha Masyarakat Kec. Setu, Tangerang Selatan – Banten.†GARDA | Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: 1–7.
Yusra, Yusra, Maria Ulfah, and Dessi Mufti. 2022. “Implementasi Pkm-Mbkm Pada Kelompok Pengolah Ikan Di Kelurahan Pasia Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.†Jurnal Vokasi 6(1): 84.